PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) MENGGUNAKAN METODE BM - 2017

Rahmatullah Darmawan(1*), Lizar Lizar(2)

(1) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Akses jalan antara Desa Mariman Teluk Papal menuju Desa Ondan dan Desa Bantan Sari di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis perlu diperbaiki. Dari beberapa pengamatan, kondisi dexisting menunjukkan lebar perkerasan 6 m dan tidak terdapat perkerasan untuk bahu jalan atau hanya terdiri dari lapisan tanah saja. Badan jalan akan tergenang air dengan banyak lubang di sepanjang jalan. Kondisi ini sangat berbahaya dan sulit dilalui jalan ini. Dengan kondisi tersebut maka perlu dilakukan perancangan ulang jalan tersebut untuk menjamin kelancaran aktivitas transportasi dan keamanan berkendara sesuai dengan perkiraan biaya yang dikeluarkan pemerintah. Makalah ini akan membahas desain perkerasan jalan berdasarkan standar BM - 2017. Hasil penelitian didapatkan bahwa tebal perkerasan kaku adalah 195 mm dengan menggunakan agregat base A setebal 12,5 cm, serta total biaya yang diperkirakan sebesar Rp. 7.833.860.000


Keywords


BM-2017, desain perkerasan jalan; ketebalan trotoar; perkiraan biaya.

Article metrics

Abstract views : 818 | views : 279

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/tekla.v2i2.1823

Copyright (c) 2021 Rahmatullah Darmawan, Lizar Lizar


This Journal has been listed and indexed in :

 
View My Stats Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .