PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA JALAN PANGKALAN NYIRIH, RUPAT

Khairun Nisak(1*), Hendra Saputra(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Jalan Pangkalan Nyirih menuju Kadur, Rupat Utara sudah ditimbun agregat kelas B beberapa tahun yang lalu, namun terdapat beberapa permasalahan
diantaranya jalan tersebut tergenang oleh air apabila musim penghujan dan kendaraan yang melewatinya pun akan terganggu. Agar didapatkan kualitas jalan
yang baik untuk kondisi sekarang dan masa yang akan datang, maka diperlukan perencanaan perkerasan jalan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh
pemerintah. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui tebal perkerasan kaku dan rencana anggaran biaya pada Jalan Pangkalan Nyirih menuju
Kadur. Penelitian ini menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017 Nomor 02/M/BM/2017 dan rencana anggaran biaya
berdasarkan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Tahun 2016. Dari penelitian ini, dari STA 0+000 sampai dengan STA 3+000 diperoleh klasifikasi jalan kolektor
rural, data LHR standar, umur rencana 40 tahun, hasil CBR lapangan 3.76%, dan mutu beton K-350 kg/cm
2
. Hasil dari penelitian ini didapat pelat beton setebal
200 mm menggunakan tulangan anyaman welded wiremesh, untuk tulangan memanjang digunakan diameter 8 mm dengan jarak 200 mm dan tulangan
melintang digunakan diameter 8 mm, dengan jarak 250 mm dan tulangan tie bar diameter 12 mm, panjang 600 mm, dan jarak antar tie bar 750 mm. dengan
rencana anggaran biaya sebesar Rp. 22,856,950,000.

Keywords


Manual Desain Perkerasan 2017, rencana anggaran biaya, tebal perkerasan kaku

Article metrics

Abstract views : 253 | views : 13

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/tekla.v1i1.1225

Copyright (c) 2019 Khairun Nisak, Hendra Saputra


This Journal has been listed and indexed in :

 
View My Stats Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .