KAJIAN PENENTUAN TITIK BERAT VERTIKAL PADA STUDI KELAYAKAN DESAIN KAPAL BARGE PENAMBANG TIMAH TERHADAP STABILITAS KAPAL

Ahmad Syafiul(1*)

(1) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu ladang bijih timah terbesar di dunia terdapat di Kepulauan Bangka Belitung-Indonesia. PT Timah (Persero) Tbk dipercaya mengelola penambangan bijih timah di Indonesia termasuk yang berada di laut sehingga untuk memaksimalkan produksi maka perlu dilakukan membangunan kapal milik sendiri dengan teknologi yang lebih canggih yang mampu menambang hingga kedalaman 60 m. Kapal Barge Penambang Timah (BPT) adalah kapal khusus yang digunakan untuk menambang timah yang terdapat di dasar laut dan di bawah dasar laut. Kapal Barge Penambang Timah memiliki displacement (Δ) = 3025 ton, panjang (LoA) = 68 m, Lebar (B)= 17 m, Tnggi (H) = 5 m, Sarat (T) = 3 m, dan mengacu pada conceptual design Kapal Bore Hole Mining (BHM) yang telah dikaji pada penelitian sebelumnya, kemudian dilakukan beberapa perbaikan dan optimalisasi desain untuk mendapatkan kajian stabilitas yang memenuhi aturan regulasi yang telah ditetapkan oleh IMO. Konfigurasi simulasi stabilitas Kapal Barge Penambang Timah menggunakan  loadcase variasi ketinggian titik berat vertikal (VCG) yang diukur dari dasar kapal (baseline) yakni: 3 m, 3.25 m, 3.5 m, 3.75 m, 3.8 m, 3.9 m, dan 4 m. Dalam simulasi dianggap bahwa kapal dalam keadaan evenkeel dan full load. Konfigurasi pada variasi VCG dilakukan karena adanya beban tiang bor dan tiang hisap beserta konstruksi penyangganya dengan ketinggian mencapai 60 meter yang dapat mempengaruhi ketinggian VCG Kapal secara keseluruhan yang berdampak pada stabilitas kapal. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa VCG maksimum Kapal Barge Penambang Timah adalah 3.75 m dengan margin faktor keamanan 1.82% untuk clausul IMO A.749(18) Ch.3. 3.123, dan rekomendasi yang diberikan untuk nilai VCG maksimum adalah 3.5 m dengan margin faktor keamanan 3.64% untuk clausul IMO A.749(18) Ch.3. 3.123. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah perlunya kajian AMDAL terhadap pembangunan Kapal Barge Penambang Timah.


Keywords


Kapal Barge Penambang Timah, Stabilitas, Simulasi Numerik.

Article metrics

Abstract views : 561 | views : 46

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v9i1.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License