ANALISIS PERBANDINGAN PENGUJIAN TURNING CIRCLE ANTARA RUDDER KONVENSIONAL DENGAN RUDDER JENIS FISHTAIL PADA MODEL KAPAL BARGE DENGAN METODE OPEN FREE RUNNING MODEL TEST

Abrari Noor Hasmi(1*), Alamsyah Alamsyah(2), Muhammad Nuzhand(3)

(1) Institut Teknologi Kalimantan
(2) Program Studi Teknik Perkapalan, Jurusan Sains, Teknologi Pangan dan Kemaritiman, Institut Teknologi Kalimantan
(3) Program Studi Teknik Perkapalan, Jurusan Sains, Teknologi Pangan dan Kemaritiman, Institut Teknologi Kalimantan
(*) Corresponding Author

Abstract


Turning circle adalah salah satu uji yang harus dipenuhi oleh kapal dalam menentukan kemampuan manuvernya selama berlayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan nilai tactical diameter  saat proses turning circle dari penggunaan model rudder konvensional dan rudder fishtail. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah open free running test. Untuk hal tersebut, dibuat sebuah model kapal yang dilengkapi dengan sistem propulsi dan GPS. Selama eksperimen, kapal dijalankan dengan putaran propulsi yang tetap dan dibelokan menggunakan rudder dengan sudut belok konstan sementara posisi kapal terus menerus disimpan menggunakan GPS. Metode yang digunakan yakni metode eksperimen dengan memvariasikan kecepatan yaitu sebesar 1 mph, 1,5 mph serta 2 mph dengan masing-masing dari kecepatan itu menggunakan  variasi sudut belok yang berbeda pula sebesar 10°, 15°, dan 35°. Turning circle dibuat menggunakan AutoCAD berdasarkan hasil test. Analisis menunjukan bahwa rudder fishtail memiliki tactical diameter yang lebih kecil, yaitu sekitar 18% lebih kecil dibandingkan rudder konvensional.


Keywords


Rudder; Turning Circle; Tactical Diameter;

Article metrics

Abstract views : 261 | views : 25

Full Text:

PDF

References


I. M. Organization, “MSC.137(76), ANNEX 6,” 2002.

A. Hasanvand, A. Hajivand, and N. Ale ali, “Investigating the effect of rudder profile on 6DOF ship turning performance,” Appl. Ocean Res., vol. 92, p. 101918, 2019.

T. Van Nguyen and Y. Ikeda, “Development of Fishtail Rudder Sections with Higher Maximum Lift Coefficients,” The Twenty-fourth International Ocean and Polar Engineering Conference. International Society of Offshore and Polar Engineers, Busan, Korea, p. 8, 2014.

J. Liu and R. Hekkenberg, “Sixty years of research on ship rudders: effects of design choices on rudder performance,” Ships Offshore Struct., vol. 12, no. 4, pp. 495–512, May 2017.

BKI, “Vol II ‘RULES FOR THE CLASSIFICATION AND CONSTRUCTION,’” Jakarta, 2014.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v11i1.1764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License