PERANCANGAN PELEBARAN SIMPANG JALAN ANTARA-GATOT SUBROTO KOTA BENGKALIS

Zulia Adha(1*), Guswandi Guswandi(2)

(1) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis, Jln. Bathin Alam, Sei. Alam Kab.Bengkalis Riau
(2) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis, Jln. Bathin Alam, Sei. Alam Kab.Bengkalis Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Persimpangan Jalan Antara-Gatot Subroto kota Bengkalis merupakan salah satu persimpangan di kota Bengkalis yang memiliki arus kendaraan yang cukup ramai. Namun kondisi jari-jari tikungan kecil di lengan Timur yaitu hanya 5,1 m yang menyebabkan kendaraan khusunya roda empat untuk membelok, ini mengakibatkan lambatnya gerak kendaraan dipersimpangan tersebut. Untuk mengatasi permasalahan itu maka diperlukan perancangan ulang persimpangan, penataan ulang bangunan pelengkap dan perlengkapan kemudian memperhitungkan biaya yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Pekerjaan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna Jalan yang melewati persimpangan tersebut. Dalam merencanakan persimpangan tersebut mengacu pada PKJI 2014 untuk mengevaluasi kinerja persimpangan, sedangkan untuk geometriknya mengacu pada RSNI T-14-2004 B dan Tata Cara Perencanaan Persimpangan Sebidang Pd. T-02-2002-B, perencanaan biaya mengacu pada AHSP 2016.

Berdasarkan hasil hitungan kinerja persimpangan yang mengacu pada PKJI 2014 didapat nilai derajat kejenuhan lengan Timur tahun 2020 yaitu 0,972, tahun 2030 yaitu 1,558. Setelah direncanakan pelebaran pada lengan Timur, didapat nilai derajat kejenuhan 0,7792. Adapun biaya pekerjan pelebaran simpang tersebut sebesar Rp. 732.479.833.


Keywords


Derajat Kejenuhan, Perancangan Pelebaran Persimpangan, Bangunan Pelengkap dan Perlengkapan, Rencana Anggaran Biaya.

Article metrics

Abstract views : 269 | views : 22

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35314/tekla.v2i2.1828

Copyright (c) 2021 Zulia Adha, Guswandi Guswandi


This Journal has been listed and indexed in :

 
View My Stats Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .