DESAIN JEMBATAN JALAN DATUK LAKSAMANA DENGANT-GIRDERMENGGUNAKANSNI 1725-2016

Fahrul Ahmadi(1*), Indriyani Puluhulawa(2)

(1) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis, Jln. Bathin Alam, Sei. Alam Kab.Bengkalis Riau
(2) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis, Jln. Bathin Alam, Sei. Alam Kab.Bengkalis Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Jembatan Jalan Datuk Laksamana dengan panjang 20 m dan lebar 3 m, yang menghubungkan antara Desa Bukit Batu dan Desa Sukajadi Kecamatan Bukit Batu merupakan jembatan beton bertulang dengan lantai kayu yang mengalami kerusakan, diantaranya pada balok yang keropos/retak dan lantai jembatan yang mengalami pelapukan. Untuk itu direncanakanlah struktur atas jembatan dengan tipeT-Girder, yang mengacukepadaSNI1725-2016 tentang pembebanan untukjembatandanSNIT-12-2004tentangperencanaanstrukturbeton untukjembatan.

Hasil desain, perhitungan plat lantai jembatan diperoleh dimensi tulangan utama D16 - 200 mm dan tulangan bagi D13 - 300 mm.Slab trotoar diperoleh tulangan  pokok D16 - 200 mm, dan tulangan longitudinal D13- 400 mm. Dinding railing diperoleh tulangan lentur 2ɸ12dan tulangan geserØ8 - 100 mm.Plat injak arah memanjang dan arah melintang diperoleh dimensi tulangan D16 - 200 mm. Balok girder untuk tulangan lentur diperoleh tulangan tarik 18D32 mm dan tulangan tekan 5D32, Sedangkan tulangan geser Ø12 - 100 mmdan tulangan badan diperoleh 8Ø12.Balok diafragma diperoleh tulangan tarik dan tulangan tekan sama 3D16, Sedangkan tulangan geser Ø12 - 150 mm dan tulangan badan diperoleh 2Ø12 mm. Sementara itu untuk perletakan diperoleh dimensi 440 mm x 400mm x 129 mm.


Keywords


Jembatan, Struktur Atas, T-girder

Article metrics

Abstract views : 13 | views : 1

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fahrul Ahmadi, Indriyani Puluhulawa


This Journal has been listed and indexed in :