Pendampingan Pembuatan dan Implementasi Media Campaign melalui Utilization Marketplace untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk - Produk Bumdes Kuala Alam

Rizqa Arimurti, Wan Junita Raflah, Armita Novriana Rambe

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan Pendampingan Pembuatan dan Implementasi Media Campaign melalui Utilization Marketplace untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk – produk UMKM BUMDesa Kuala Alam. Kegiatan ini diusulkan atas permintaan Direktur Bumdes Kuala Alam yang disampaikan pada Focus Group Discussion (FGD) Bersama Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) dan Ketua Jurusan Administrasi Niaga di Politeknik Negeri bengkalis. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu kelompok mitra yaitu Bumdes Kuala Alam dalam meningkatkan nilai jual produk dan kesadaran merek masyarakat akan produk – produk UMKM. Metode yang digunakan adalah workshop dan pelatihan. Luaran yang diharapkan yaitu terselenggaranya kegiatan workshop dan pelatihan Pembuatan dan Implementasi Media Campaign melalui Utilization Marketplace untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk – produk UMKM sehingga mitra dapat mempraktekkan langsung proses pembuatan media campaign melalui utilization marketplace seperti website, media sosial (Instagram, facebook, tik -tok) untuk meningkatkan kesadaran merk masyarakat. Dampak kegiatan ini diharapkan kedepannya produk – produk UMKM Bumdesa Kuala Alam ini dapat dikenal masyarakat Bengkalis maupun Luar Bengkalis sebagai produk oleh-oleh, reseller maupun distributor dalam jumlah besar serta menjalin Kerjasama yang berkesinambungan antara Politeknik Negeri Bengkalis dan Bumdes Kuala Alam.


Full Text:

PDF

References


Baker, M.J., 2014. Marketing strategy and management. Macmillan International Higher Education.

Caya, M.F.N. and Rahayu, E., 2019. Dampak Bumdes Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Aik Batu Buding, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial (Journal of Social Welfare), 20(1).

Carson, D., Cromie, S., McGowan, P. and Hill, J., 1995. Marketing and entrepreneurship in SMEs: An innovative approach. Pearson Education.

Winata, I.G.K.A., Sanjaya, N.M.W.S. and Astana, I.G.M.O., 2020. Entrepreneurship Orientation and Holistic Marketing Mix in Creating Competitive Advantages Bumdes. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 6(2), pp.87-96.

P3M Polbeng, 2021. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.4118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.