Penerapan Sistem Informasi Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Bengkalis dengan Fitur Pelaporan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024

Tengku Musri, Muhamad Nasir, Eva Kurniawaty, Ayu Rahmadhani

Abstract


Pada era informasi seperti sekarang ini, sebuah teknologi informasi sangat dibutuhkan bagi masyarakat luas. Teknologi pada jaman sekarang ini perkembangannya tidak hanya merambah pada perusahaan-perusahaan yang sudah maju ataupun perusahaan yang baru berkembang tetapi juga merambah ke instansi- instansi pemerintahan. Sistem informasi pengawas pemilu merupakan inovasi bidang teknologi dan informasi yang dikembangkan untuk menunjang tugas pokok dan fungsi di bidang pencegahan dan pengawasan. Sistem informasi pengawas pemilu dikembangkan berbasis website yang bisa diakses secara online. Sistem informasi Panwaslu ini memiliki fitur pelaporan dugaan pelanggaran pemilu. Dengan adanya fitur ini, masyarakat bisa melaporankan dugaan pelanggaran pemilu secara online tanpa harus datang ke sekretariat panwaslu. Sistem informasi yang dikembangkan ini baru sebatas proses deteksi, tetapi untuk memastikan apakah temuan temuan tersebut bisa diproses, diperlukan validasi dan verifikasi yang lebih cermat.


Full Text:

PDF

References


Aprianto dk,. 2014, Rancang Bangun Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi Gambar digital Menggunakan Algoritma Rijndael Berbasis Java SE. STMIK GI MDP.

Bendi, 2012, Implementasi Algoritma RijndaelUntuk Enkripsi dan Dekripsi Pada Citra Digital. Universitas Katolik Musi Charitas.

Bruce Schneier, 1996, Section 14.1 GOST, in Applied Cryptography, Second Edition. ISBN 0-471-11709-9

Deni Darmawan & Deden Hendra Permana. 2013. Desain dan Pemrograman Website. Penerbit PT Remaja Rosdakarya : Bandung.

Dony Ariyus, 2006, Kriptografi : Keamanan Data dan Komunikasi, Cetakan Pertama, Penerbit GRAHA ILMU, Yogyakarta.

Dony Ariyus, 2008, Pengantar Ilmu Kriptografi: Teori Analisis & Implementasi, Penerbit GRAHA ILMU, Yogyakarta.

Irfan, 2016, Aplikasi Enkripsi Citra Menggunakan Algoritma Kriptografi Arnold Cat Map Dan Logistic Map. STMIK Bumigora : Mataram.

Kustiyaningsih, Yeni. 2011, Pemrograman Basis Data Berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL. Penerbit Graha Ilmu : Yogyakarta.

Munir, 2012, Analisis Keamanan Algoritma Enkripsi Citra Digital Menggunakan Kombinasi Dua Chaos Map dan Penerapan Teknik Selektif. ITB : Bandung




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.4103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.