Penerapan Smart Door Lock Di Gedung Elektro

Hikmatul Amri, Jefri Lianda, Hardi B, M. Sandiko, Abubakar Adnan, Sapriansah Sapriansah

Abstract


Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting dan tidak terlepas dari kebutuhan sehari-hari. Hampir semua pekerjaan manusia membutuhkan energi listrik. Oleh karena itu ketersediaan energi listrik harus dipertahankan. Penggunaan tenaga listrik biasanya lebih banyak digunakan di gedung-gedung besar seperti gedung kantoran, pabrik, hotel, dan juga termasuk Universitas-universitas yang menggunakann energi listrik berkapasitas besar. Ruang belajar yang ada di Politeknik Negeri Bengkalis khususnya Jurusan Teknik Elektro terdiri dari ruang kelas, dan laboratorium dan bengkel listrik. Ruang belajar ini sistem instalasi kelistrikannya masih konvensional untuk menyalakan lampu, AC dan peralatan laboratorium berpusat pada panel yang ada pada setiap ruangan tersebut. Permasalahan timbul saat pengguna ruangan tidak mematikan peralatan listrik setelah perkuliahan selesai dan meninggalkan ruangan. Hal ini menyebabkan penggunaan listrik pada ruang belajar menjadi boros dan membengkaknya tagihan listrik yang harus dibayarkan. Pemborosan penggunaan energi listrik pada ruang belajar dapat dimininimalisir dengan memperbarui sistem kontrol konvensional menjadi semi otomatis. Sistem dirancang sedemikian rupa sehingga hanya dosen dan admin yang bisa mengakses ruangan. Sistem yang diterapkan yaitu: Smart door lock merupakan akses masuk ruang belajar menggunakan RFID card atau password sehingga hanya dosen dan admin yang bisa membuka pintu ruang belajar. Penerapan sistem kontrol seperti ini diharapkan mampu mengurangi beban pemakaian listrik yang berlebihan karena faktor human error yaitu pengguna ruangan lupa mematikan peralatan listrik dan penerangan pada ruang belajar setelah perkuliahan selesai.

References


Aisyah, T., Roshadi, Y. R., & Setiawan, A. (2020). Prototipe Kelas Pintar (Smart Class) dengan Memanfaatkan Teknologi IoT. Seminar Nasional Teknik Elektro (SENTER) 2020 (hal. 83-92). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Hamzah, W. I., Ciptadi, P. W., & Hardyanto, R. H. (2021). Sistem Kontrol dan Monitoring Smart Class Menggunakan RFID. Seminar Nasional Dinamika Informatika 2021 (hal. 194-198). Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Monica, M., & Putra, A. S. (2021). Perancangan Dan Pengembangan Sistem Smart Classroom Menggunakan Arduino. Jurnal SISFOTENIKA, 11(1), 80-90.

Sulenggono, R., & Wibawa, S. C. (2017). Penerapan Sistem Informasi Smart Classroom Berbasis Internet of Things Dengan Raspberry Pi Di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. Jurnal IT-EDU, 2(2), 256-262.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.3781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.