Penerapan Sistem Kontrol Video Tron Di Kampus Politeknik Negeri Bengkalis Berbasis Internet of Things (IoT)

Supria supria, Pretty Ristra, Wahyat Wahyat

Abstract


Politeknik Negeri Bengkalis adalah satu-satunya politeknik negeri yang berada di provinsi Riau. Dalam struktur organisasi Polbeng ada sub bagian Hubungan Masyarakat Polbeng (Humas Polbeng) yang mengurus urusan informasi, interaksi hubungan ke pihak- pihak terkait. Humas Polbeng merupakan pusat informasi yang berkaitan dengan kegiatan- kegiatan akademis sampai dengan penerimaan mahasiswa baru dan lain-lain. Pada penelitian sebelumnya telah dibuat suatu alat atau media iklan (video tron) yang dapat menampilkan informasi digital dengan cara mengungah video yang sudah disiapkan ke alat tersebut namun tidak bisa menampilkan video secara online. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan adalah untuk membantu operator menampilkan informasi secara real time, live streaming yang dapat dipantau atau dikendalikan hanya dengan menggunakan smartphone Android melalui jaringan internet. Sehingga operator dapat menggunakan media informasi digital tersebut secara maksimal dan efisien dan tentunya dapat mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Metoda yang akan dilaksanakan adalah membuat atau mengganti sebuah kontroller video tron, membangun software development atau megembangankan sebuah aplikasi perangkat lunak yang dijalankan secara sistematis, dapat menampilkan informasi secara real time, live streaming, YouTube dan lain-lain sehingga dapat dipantau atau dikendalikan hanya dengan menggunakan smartphone Android melalui jaringan internet.

References


Mochamad Fajar Wicaksono, 2017, Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 Untuk Smart Home, Jurnal Teknik Komputer Unikom –Komputika –Volume 6, No.1 -2017

Budiman, D. F., Rahman, S., & Irwan, M. (2018). Pemanfaatan Running Text Sebagai Alat Bantu Informasi Waktu Sholat di Masjid Baiturrahman Desa Mujur Lombok Tengah. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 163-169.

Kuang, P. Cao, W. Liu, ZG, 2014. “Design of dynamic screen system based on MCU. Wavelet Active Media Technology and Information Processing (ICCWAMTIP)â€. 2014 11th International Computer Conference on,pp. 468 - 470.

Pracoyo, A., Kamajaya, L., & Radianto, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Running Text Untuk Tampilan Informasi Di Desa Duwet Kecamatan Tumpang.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-ABDIMAS), 8(2), 65-69.

Sendari, S., Jiono, M., Mustika, S. N., Aripriharta, A., Zulkarnain, A. Z., Raka, C. S., ... & Afandi, E. (2021). Running text berbasis internet of things untuk tampilan kualitas air waduk karangkates. Prosiding Hapemas, 2(1), 397-406.

Sumardiono, A., Alimudin, E., Rahmat, S., Purnata, H., & Zaenurohman, Z. (2021). Pelatihan Perakitan dan Pemograman Running Text Bagi Warga Binaan Lapas Permisan Nusa Kambangan Kabupaten Cilacap. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 3(1), 31-39.

Yulianti, T., Yudamson, A., Setyawan, F. A., Septama, H. D., & Komarudin, M. (2020). Pembuatan Running Text Berbasis Arduino Dengan Konekasi Bluetooth Untuk Meningkatkan Ipteks Karang Taruna Desa Padang Cermin.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 4(2), 121-126.

http://www.polbeng.ac.id/official/

https://www.videotronindonesia.com/2014/08/penjelasan-tentang-videotronled-%20display.html




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.3775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.