Penerapan Studio Foto Produk dan Workshop Konten Digital Marketing untuk UMKM Kabupaten Bengkalis (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Desi Amirullah(1), Lipantri Mashur Gultom(2*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan dan tantangan Usaha Mikro Kecil Menenganh (UMKM) khususnya dilingkungan Kabupaten Bengkalis, adapun masalah UMKM yaitu belum tersedianya pusat layanan untuk foto produk UMKM dan konten foto pemasaran UMKM banyak yang belum layak untuk dijadikan konten promosi digital, sedangkan tantangan teknologi dan perkembangan bisnis sudah mengharuskan UMKM Go Digital. Oleh karena tim pengabdian melakukan observasi dan diskusi dengan beberapa pemerhati UMKM dan akhirnya dengan berbagai pertimbangan tim membuat keputusan untuk bermitra dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bengkalis dan Bengkalis UMKM Community (BUC). Kegiatan Pengabdian ini diharapkan mampu membantu UMKM dalam menyelesaikan masalah tersebut, dengan cara yaitu : 1. Pembuatan studio foto produk yang dapat diakases oleh UMKM, 2. Workshop penggunaan studio foto dan desain konten digital marketing. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dimulai dari persiapan dan ujiocoba studio foto hingga penerapan nya di ruang Sekretariat KADIN, kemudian workshop penggunaan foto studio serta desain konten digital marketing. Kegiatan Pengabdian sudah terlaksana dengan peserta terdiri dari Pengurus BUC (keberlanjutan program sebagai Pengelola Studio Foto Produk dan mendampingi pelaku UMKM dalam pengambilan foto produk di Studi Foto Produk UMKM), pelaku UMKM, Konten Kreator, pendamping UMKM, dan Mahasiswa. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah tersedianya sentra layanan foto produk untuk UMKM di sekretariat KADIN dan untuk keberlanjutannya dikelola oleh BUC, dan konten kreator dari kalangan generasi muda (bukan pelaku UMKM) untuk membantu UMKM dalam menyiapkan Konten Digital yang berkualitas.


Article metrics

Abstract views : 146 | views : 17

Full Text:

PDF

References


Kamar Dagang dan Industri, (2016). Sejarah Kadin Indonesia. Profile KADIN, https://www.kadin-indonesia.com/

B. Nasution, N. Rimayanti, A. Rasyid, A. Daud, and A. Mediana, “Pengembangan kompetensi digital Bengkalis UMKM community di Kabupaten Bengkalis,” vol. 3, pp. 556–563, 2021.

S. Sidhartani, D. Pratama, A. Z. M. Raden, and M. I. Qeis, “Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19,” Dharma Raflesia J. Ilm. Pengemb. dan Penerapan IPTEKS, vol. 18, no. 2, pp. 180–189, 2020, doi: 10.33369/dr.v18i2.13522.

Kabupaten Bengkalis, DISKOPUMKM (2021, July 13). Rekapitulasi Data Koperasi dan Data UMKM pada Aplikasi MATAUMKM Kabupaten Bengkalis. https://ppid.bengkaliskab.go.id/web/detailskpd/21

KEMENKOPUKM, dkk, (2021), Sistem Informasi Data Tunggal UMKM : Usulan Peta Jalan Pengembangan Basis Data UMKM, tersedia dalam TNP2K database




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v3i1.3089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.