Penerapan Mesin Pengaduk Adonan Roti (Mixer) Pada Usaha Roti Amor Mandiri

Erwin Martianis(1*), Stephan Stephan(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Roti merupakan makanan berbahan dasar tepug terigu yang di fermentasi dengan ragi roti atau dengan bahan pengembang lainnya yang di olah dengan cara dipanggang.  Roti termasuk dalam salah satu produk bioteknologi konvensional karena adanya proses fermentasi yang memanfaatkan mikro organisme. Tingginya permintaan konsumen terhadap  roti disebabkan roti biasa dijadikan makanan pengganti makan pokok dan selalu di jadikan makan pengganti nasi pada pagi hari dan sore sebagai teman minum kopi atau teh. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan adalah untuk membantu masyarakat dalam usaha kecil untuk dapat meningkatkan produksi roti, sehingga dapat memnuhi permintaan pasar baik di pulau Bengkalis maupun di luar pulau Bengkalis Metode   yang  akan  dilaksanakan  adalah   membuat sebuah Mesin Pengaduk Adonan Roti  bertujuan untuk meningkatkan produksi roti pada usaha Roti Amor Mandiri, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi pelaku usaha.

Article metrics

Abstract views : 32 | views : 9

Full Text:

PDF

References


Adi Santoso, and Rizal Bahrul Chamiddin. Rancang Bangun Mesin Pengaduk Adonan Donat. Diss. Institut Teknologi Sepiluh November, 2015.

Herdian, F., Jabbar, R. J., Batubara, F. Y., Zulnadi, Z., Anas, I., & Yudistira, Y. (2019). Rancang Bangun Alat Pengaduk Kerupuk Adonan Tipe Horizontal. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 3(1), 157-165.

Kriswanto, K. (2019). Penerapan Mesin Pengaduk Adonan Kue pada Usaha Bakpia di Kelurahan Pakintelan. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 17(2), 35-40.

Maghfurah, Fadwah, and David Desria Chandra. "Perancangan mesin pengaduk bahan dasar roti kapasitas 43 kg." Sintek Jurnal: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin 6.1 (2012).

Susilo, Eko. "Perancangan Dan Pembuatan Mesin Pengaduk Adonan Roti Tawar (Bagian Statis)." (2005).

Kriswanto, K. (2019). Penerapan Mesin Pengaduk Adonan Kue pada Usaha Bakpia di Kelurahan Pakintelan. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi danPembelajaran, 17(2),35-40


Refbacks

  • There are currently no refbacks.