Desain Pengembangan Area Sungai Jangkang Menjadi Objek Wisata Andalan Masyarakat Desa Jangkang

Efan Tifani(1*)

(1) Civil Engineering of Bengkalis State Polytechnic
(*) Corresponding Author

Abstract


Ketertarikan masyarakat dalam Desa Jangkang adalah Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang merupakan tempat dalam kenyamanan daya tarik bagi pengunjung khalayak ramai. Belum ditemukannya lokasi strategis daerah tujuan wisata dan suatu bentuk acuan perencanaan yang harus memiliki potensi lokasi yang mudah dikunjungi menjadi permasalahan dalam bentuk pengabdian ini. Berdasarkan masukkan dari pihak-pihak terkait, maka ditentukan kawasan wisata yang terletak di area Sungai Jangkang. Lokasi area tersebut membutuhkan suatu acuan rencana/desain pengembangan tempat wisata unggulan desa. Metode perencanaan yang dilakukan meliputi pemetaan dan pengukuran area objek lokasi wisata Sungai Jangkang dengan menggunakan alat survey pengukuran dan drone untuk pemetaan. Hasil (output) dari metode ini adalah foto udara area Sungai Jangkang dan sekitarnya, kemudian hasil foto udara dan pengukuran yang terskala digunakan sebagai dasar dalam membuat bentuk desain pengembangan area Sungai Jangkang yang menghasilkan tampilan gambar realistis dalam model 3 (tiga) dimensi, dimana tempat wisata yang didesain menyediakan fasilitas area pemancingan, sepeda air dan tempat penjualan produk kuliner lokal.


Article metrics

Abstract views : 35 | views : 4

Full Text:

PDF

References


Anonim, Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, 2021, P3M Polbeng, Bengkalis.

Agus, Ridwan. M . 2019. “Pemetaan Objek Wisata Alam Kabupaten Kepulauan Selayar Berbasis Sistem Informasi Geografis Arcgis 10.5” Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, Vol. 1 No. 1 2019. Hal. 45-50.

Elviana. E, Mutia. F, dan Yunisya. A. N. 2018. “Konsep & Desain Desa Wisata Pesisir Desa Kalanganyar Kab. Sidoarjo” CV. Mitra Sumber Rejeki. Surabaya.

Rofiki. I, Aura. C. N Abtokhi. A dan Abdussakir. 2021. “Perencanaan Desa Wisata untuk Pengembangan Potensi Alam Desa Jatisari.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5 No. 3 Agustus 2021. Hal. 312-320.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.