Rancang Bangun Alat Pendeteksi Emosi Pada Anak Menggunakan Metode K-Means

Fildzah Aure Gehara Zhafirah(1), Kemalasari Kemalasari(2*), Budi Nur Iman(3)

(1) Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
(2) Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
(3) Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


 Emosi merupakan suatu perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau suatu hal yang dapat mendorongnya untuk melakukan suatu tindakan atau berekspresi yang dapat dipicu dari dalam atau luar dirinya. Dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk memahami kondisi emosional seseorang. Emosi seseorang dapat diketahui salah satunya dari ekspresi wajah, namun terkadang seseorang dapat memanipulasi apa yang sedang dialaminya dengan cara mengendalikan ekspresi wajahnya. Oleh karena itu dirancanglah sebuah alat untuk mendeteksi emosi seseorang berdasarkan perubahan kondisi tubuhnya. Pada penelitian ini akan digunakan dua buah sensor yaitu sensor GSR dan juga sensor Heart Rate. Output yang diperoleh dari masing-masing sensor tersebut akan diolah datanya dengan menggunakan mikrokontroler atau Arduino. Selanjutnya hasil output-nya akan ditampilkan berupa text dengan menggunakan LCD. Data yang akan ditampilkan pada LCD tersebut akan di cluster terlebih dahulu menjadi beberapa kelompok menggunakan metode K-Means. Dari hasil pengelompokkan jenis emosi dengan menggunakan metode K-Means masih terdapat perbedaan hasil uji antara alat dan prediksi psikolog. Dari 30 data terdapat 5 data yang berbeda atau bisa dikatakan terdapat perbedaan sebesar 16%. Alat ini juga dibuat portable dengan adanya alat pendeteksi emosi pada anak ini dapat membantu para orang tua dan para guru untuk antisipasi perubahan emosi tersebut terutama pada seorang anak.

Keywords


Deteksi Emosi, Anak, GSR, Heart Rate, K-Means

Article metrics

Abstract views : 471 | views : 30

Full Text:

PDF

References


P. Tarnowski, M. Kolodziej, A. Majkowski and R. J. Rak, "Combined analysis of GSR and EEG signals for emotion recognition," in International Interdisciplinary PhD Workshop (IIPhDW), Swinoujście, Poland, 2018.

S. D. Pressman and S. Cohen, "Does Positive Affect Influence Health," vol. 131, pp. 925-971, 2005.

M. Soleymani, S. A. Esfeden, Y. Fu and M. Pantic, "Analysis of EEG Signals and Facial Expressions for Continuous Emotion Detection," IEEE Transactions on Affective

Computing, vol. 7, no. 1, pp. 17-28, 1 March 2016.

P. Rani, "Emotion Detection of Autistic Children Using Image Processing," in 2019 Fifth International Conference on Image Information Processing (ICIIP), Shimla, India, India, 2019.

Y. Miyakoshi and S. Kato, "Facial Emotion Detection Considering Partial Occlusion of Face Using Bayesian Network," in 2011 IEEE Symposium on Computers & Informatics, Kuala Lumpur, Malaysia, 2011.

K. Kosim, "Sistem Kontrol dan Prediksi Emosi Manusia Menggunakan Pulse Heart Rate Sensor Berbasis Android," 2020.

E. Labudasari and W. Sriastria, "Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar,"

G. W. Wonhingati and A. Subari, "Alat Pengukur Detak Jantung Menggunakan Pulse Sensor Berbasis Arduino Uno R3 Yang Diintegrasikan Dengan Bluetooth," GEMA TEKNOLOGI, vol. 17, no. 2, pp. 65-71, 2013.

K. P. Sinaga and M. S. Yang, "Unsupervised K-Means Clustering Algorithm," IEEE Access, vol. 8, pp. 80716-80727, 2020.

I. G. Harsemadi and I. M. Sudarma, "Penggolongan Musik Terhadap Suasana Hati Menggunakan Metode K-Means," in Konferensi Nasional Sistem dan Informasi, 2017.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v3i2.2062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats