Implementasi Content Aware Pada Pembuatan Thumbnail Menggunakan Metode Seam Carving and Salient Detection

Ervina Yuniati Rokhmah(1*), Lukman Zaman(2), Yuliana Melita Pranoto(3)

(1) Sekolah Tinggi Teknologi Surabaya
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Surabaya
(3) Sekolah Tinggi Teknologi Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Image resizing merupakan suatu proses pengelolahan citra yang bertujuan mengubah ukuran gambar ke ukuran yang diinginkan oleh pengguna. Metode yang paling sering digunakan untuk mengubah ukuran gambar pada pembuatan thumbnail adalah scaling dan cropping. Scaling  merupakan pengubahan ukuran citra berdasarkan skala tanpa mempertimbangkan proporsi panjang dan lebarnya. dan juga tidak mempertimbangkan isi dari citra. Cropping terbatas karena hanya menghilangkan pixel pada citra dalam batasan area tertentu saja. Akibatnya, dalam thumbnail yang dihasilkan tidak dapat menyampaikan informasi yang penting pada gambar. Seam carving merupakan salah satu metode untuk mengubah ukuran gambar dengan menghapus atau menambahkan ukiran (carve) piksel-piksel dari bagian-bagian gambar yang berbeda sesuai konten (content-aware). Seam carving menawarkan kelebihan dibanding scaling dan cropping.. Namun, metode seam carving masih gagal untuk melindungi objek penting pada gambar. Untuk itu dalam mengatasi kelemahan tersebut, dalam penelitian ini akan dilakukan implementasi Seam carving dan metode salient detection yang digunakan untuk pembuatan thumbnail. Hasil salient detection mendeteksi daerah terpenting dari gambar dan sebagai acuan dalam mengubah ukuran gambar (seam carving).

Keywords


Seam Carving, Salient Detection, Thumbnail.

Article metrics

Abstract views : 248 | views : 31

Full Text:

PDF

References


Sebastian, F. A., Santosa, G. R., dan Theresia H. R. Perbandingan Algoritma Shortest Path Dalam Pemrosesan Citra Digital Seam Carving. Jurnal Informatika. 2015; 11(2): hal. 127-138.

Suhardi, W. Implementasi dan Analisis Seam Carving pada Content Aware Image Resizing. Bandung, Universitas Telkom; 2010.

Alrezza, P. B. B., Purwitasari, D., dan Yuniarti, A. Penerapan Pengubahan Ukuran Gambar Menggunakan Seam Carving dan Scaling. Surabaya, ITS Surabaya; 2015.

Achanta, R., and Süsstrunk, S. Saliency Detection for Content-Aware Image Resizing. 2009 16th IEEE International Conference on Image Processing (ICIP), Cairo. 2009: pp. 1005-1008.

Liu, Z., Yan, H., Shen, L., Ngan, K. N., and Zhang, Z. Adaptive Image Retargeting using Saliency-Based Continuous Seam Carving. Optical Engineering, 2010; 49(1) pp.1-10.

Yin, Kai. Image Re-Targeting Based on The Novel Saliency Map. Journal of Computational Information Sistems, 2013. pp. 3595-3602.

Zhang, L., Gu, Z., and Li, H. SDSP: A Novel Saliency Detection Method by Combining siMple Priors," 2013 IEEE International Conference on Image Processing, Melbourne, VIC, 2013, pp. 171-175.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v2i2.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats