ANALISIS PROSES SANDBLASTING DAN PAINTING PADA LAMBUNG KAPAL TK. BERKAT 12 DI PT. ADILUHUNG SARANASEGARA INDONESIA

Ahmad Yasim(1*)

(1) Teknik Konstruksi Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Jember
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia adalah negara kepulauan dengan wilayah lautan luas dan memiliki banyak jalur perdagangan dunia. Untuk itu, moda transportasi laut perlu ditingkatkan serta dipertahankan kualitasnya dari berbagai bahaya seperti korosi. Lambung kapal merupakan daerah yang selalu terjadi kontak langsung dengan air laut sehingga membutuhkan perlindungan dan perawatan ekstra. Sandblasting adalah metode pembersihan permukaan lambung kapal dari korosi, sisa lapisan cat lama, serta bekas penempelan fouling dengan menggunakan pasir silika sebagai zat abrasive. Objek penelitian ini yaitu kapal TK. Berkat 12 di-sandblasting dengan tingkat kebersihan Sa2.5. Luas area yang sandblasting mencakup 2049 m2 untuk sweep blasting dan 1202 m2 untuk spot blasting. Setelah sandblasting dilakukan painting yaitu proses perawatan dan perlindungan lambung kapal dari bahaya kerusakan akibat korosi dan fouling. Pada lambung kapal TK. Berkat 12 dilakukan tiga kali coating pada area BGA dengan menggunakan cat primer AC, intermediate AC, dan AF, serta dua kali coating pada area AGA menggunakan cat primer AC dan finishing AGA. Luas area coating primer AC sebesar 3251 m2, intermediate AC sebesar 3223 m2, AF sebesar 3223 m2, dan finishing AGA sebesar 928 m2. Berdasarkan hasil inspeksi pengecatan berupa pengukuran DFT diketahui bahwa hasil painting TK Berkat 12 telah memenuhi standar BKI.

Keywords


Reparasi kapal; korosi; sandblasting; painting

Article metrics

Abstract views : 162 | views : 17

Full Text:

PDF

References


R. Lasabuda, “Pembangunan Wilayah Pesisir Dan Lautan Dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia,” J. Ilm. Platax, vol. 1, no. 2, p. 92, 2013, doi: 10.35800/jip.1.2.2013.1251.

A. Yasim, R. Koentjoro Wibowo, and K. Priohutomo, “Kajian Sinkronisasi Mesin Utama dan Propeller Pada Kapal Perikanan Pasca Reparasi (Studi Kasus Km. Nelayan 2017-572),” Wave J. Ilm. Teknol. Marit., Vol. 15, Pp. 11–20, Aug. 2021, Doi: 10.29122/Jurnalwave.V15i1.4724.

Bki Register, “BKI Reliable | Homepage,” Auxiliary Engine Data, 2023. Https://Www.Bki.Co.Id/Shipregister-13684.Html (Accessed Sep. 29, 2023).

Bki, “Petunjuk Pelaksanaan Standar Pengukuran Ketebalan Konstruksi Lambung,” Jakarta, 2019.

Adiluhung Saranasegara Indonesia, “About Us – Adiluhung,” 2018. Https://Assishipyard.Com/About-Us-2/ (Accessed Sep. 29, 2023).

E. Sulistyo And P. H. Setyarini, “Pengaruh Waktu Dan Sudut Penyemprotan Pada Proses Sand Blasting Terhadap Laju Korosi Hasil Pengecatan Baja Aisi 430,” J. Rekayasa Mesin, Vol. 2, No. 3, Pp. 205–208, 2011.

M. Y. D. Syahputra, B. Antoko, And F. Bisono, “Pengaruh Variabel Pada Proses Sandblasting Terhadap Kekasaran Dan Daya Rekat Cat Pada Baja A36,” Proceeding 3rd Conf. Pip. Eng. Its Appl. Progr., Vol. 3, No. 1, Pp. 218–222, 2018.

R. B. Pradana, “Experimental Study On The Effect Of Pressure And Time Sandblasting Surface Roughness, Cost, And Cleanliness In Low Carbon Steel In Pt Swadaya Graha,” Surabaya, 2016.

W. D. Kurniawan And P. Periyanto, “Proses Sandblasting Dan Coating Pada Kapal Di Pt. Dok Perkapalan Surabaya,” Otopro, Vol. 13, No. 2, P. 44, 2019, Doi: 10.26740/Otopro.V13n2.P44-53.

Z. Ariany, “Kajian Reparasi Pengecatan Pada Lambung Kapal (Studi Kasus Km. Kirana 3),” Vol. 35, No. 1, Pp. 27–32, 2014.

Bki, “Guidance For Classification And Construction-Part 1 Seagoing Ship-Volume G-Guidance For The Corrosion Protection And Coating Systems,” Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta, 2019.

O. M. Jihan Alldzi Khoir, Untung Budiarto, “Analisa Pengaruh Penerapan Coating Dan Variasi Ukuran Grit Aluminium Oxide Pada Proses Blasting Terhadap Ketahanan Laju Korosi Dan Daya Rekat Adhesi,” Tek. Perkapalan, Vol. 8, No. 3, P. 84, 2020.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v13i2.3647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License