Tinjauan Pengaruh Perubahan Diameter Baling-baling Terhadap Thrust KMP. ROKATENDA

Fany - Laamena(1*), Benjamin.G. Tentua(2), Yulianti P.Kubela(3)

(1) Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Unpatti Jl. Ir.M.Putuhena, Ambon,Maluku, Indonesia 97234
(2) Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Unpatti Jl. Ir.M.Putuhena, Ambon,Maluku, Indonesia 97234
(3) Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Unpatti Jl. Ir.M.Putuhena, Ambon,Maluku, Indonesia 97234
(*) Corresponding Author

Abstract


KMP. ROKANTENDA merupakan jenis kapal Ferry Ro-Ro yang memiliki rute pelayaran Ambon – Seram. Berdasarkan  dokumen kapal, KMP. ROKATENDA saat ini telah beroperasi selama 28 tahun dengan  berbagai kerusakan yang  telah di alami oleh kapal tersebut tetapi penanganan perbaikan belum dilakukan secara optimal sehingga pada tahun 2020 saat dok tahunan ternyata didapati ada masalah pada diameter baling-baling yang mengalami pengurangan diameter yang dari 1,219 m menjadi 1,131 m.  Untuk mendapatkan gaya dorong optimal aspek yang harus di perhatikan salah satunya adalah diameter baling-baling. Kerusakan baling-baling berpengaruh terhadap performance dari kapal, dimana daya yang ditransferkan dari mesin induk tidak dapat di serap secara maksimal. Sehingga Perlu dilakukan Tinjauan Pengaruh Perubahan diameter baling-baling terhadap gaya dorong KMP. ROKATENDA untuk mengetahui berapa besar pengaruh perubahan diameter baling-baling terhadap gaya dorong KMP. ROKATENDA. Penelitian menggunakan metode observasi lapangan,wancara dan pengolahan data Syang dilakukan maka mendapatkan Thrust dengan daya 1 motor induk 650 HP, diameter awal 1,219 m, KT 0,2 dan KQ 0,04, P/D 0.93 Thrust sebesar 525,897 N. Dimeter setelah mengalami pengurangan  1,131 m, KT 0,21 dan KQ 0,41 P/D 0,91 Thrust sebesar 452,196 N. Dilakukan perbandingan terlihat adanya pengurangan nilai Thrust sebesar 147 N dari diameter normal. Dari hasil perhitungan yang ada maka diameter baling-baling terbaik untuk menghasilkan Thrust sebesar 904,393 N pada KMP. ROKATENDA adalah diameter 1,219 m dengan daya terpasang sebesar 2 x 650 HP.


Keywords


diameter, thrust, torque

Article metrics

Abstract views : 32 | views : 3

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

H. Ivandri, I. P. Mulyatno, and Kiryanto, “Jurnal Teknik Perkapalan,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 4, p. 785, 2017, [Online]. Available: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval

L. Pivano, Ø. N. Smogeli, T. A. Johansen, and T. I. Fossen, “Experimental validation of a marine propeller thrust estimation scheme,” Model. Identif. Control, vol. 28, no. 4, pp. 105–112, 2007, doi: 10.4173/mic.2007.4.2.

M. Arifin, D. Faturachman, and F. Octaviani, “Analisa Pengaruh Perubahan Pitch Ratio dan Jumlah Blade Terhadap Kavitasi Pada Controllable Pitch Propeller (CPP),” J. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Darma Persada, vol. 9, no. 2, pp. 63–74, 2019.

P. Free, R. Popeller, and P. Kapal, “Pemakaian baling-baling bebas putar (,” pp. 140–145.

MAN Diesel &Turbo, “Basic Principles of Ship Propulsion,” Man Diesel Turbo, pp. 1–42, 2011, [Online]. Available: http://www.mandieselturbo.com/files/news/filesof5405/5510_004_02 low.pdf

A. F. Molland, S. R. Turnock, and D. A. Hudson, Ship Resistance and Propulsion. Cambridge University Press, 2017. doi: 10.1017/9781316494196.

S. W. Adji et al., “Engine-propeller matching,” pp. 1–31, 2005.

F. Laamena and A. Taihutu, “Kajian Optimasi Ukuran Kapal Tradisonal dan Perhitungan Hambatannya,” J. Tek. Mesin, Elektro, Inform. Kelaut. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 17–22, 2021, doi: 10.30598/metiks.2021.1.1.17-22.

K. C. P. Lumbanraja, D. Chrismianto, and S. Samuel, “Perhitungan Nilai Maksimum Thrust, Torque, dan Efficiency Propeller Tipe B-4 Series pada Kapal Tugboat dengan Modifikasi Diameter, Rake, dan Pitch menggunakan Metode Komputasi,” J. Rekayasa Hijau, vol. 5, no. 1, pp. 63–78, 2021, doi: 10.26760/jrh.v5i1.63-78.

H. Simbolon, A. Trimulyono, and G. Rindo, “Analisa Nilai Maximum Thrust Propeller B-Series Dan Kaplan Series Pada Kapal Tugboat Ari 400 Hp Dengan Variasi Diameter, Jumlah Daun, Sudut Rake Menggunakan Cfd,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 4, pp. 394–404, 2015.

Yermias Rahardian Andilolo, Parlindungan Manik, Muhammad Iqbal (2017) Studi Kasus Kinerja Propeller Kaplan Series Akibat Pengurangan Diameter dan Penambahan End Plate dengan Metode CFD.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v12i2.2942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License