PENGGUNAAN PLASTIK TIPE PET SEBAGAI PENGGANTI SEMEN PADA PEMBUATAN PAVING BLOCK

Zulkarnain Zulkarnain(1*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu penanganan peningkatan jumlah sampah plastik adalah dengan pemanfaatan kembali limbah plastik dijadikan paving block. Pembuatan paving block plastik dengan bahan baku utama plastis menggunakan metode pemanasan. Dalam penelitian ini akan dilakukan pembuatan paving block dengan memanfaatkan limbah plastik tipe PET (polyethylene terephthalate), dengan tujuan untuk mengetahui kuat tekan paving block plastik dengan penambahan pasir dengan persentase dari pasir yang digunakan yaitu 0%, 25%, 50% dari volume plastik yang telah dilelehkan. Dari hasil pengujian, kuat tekan rata-rata tertinggi yang didapat dari penggunaan pasir dengan persentase pasir 0% yaitu sebesar 15,623 MPa,  sedangkan untuk kadar pasir 25 % dan 50 % masing – masing 6,888 MPa dan 10,737 Mpa, sehingga paving block 0% pasir dapat digunakan untuk pejalan kaki dan untuk paving block 50% dapat digunakan untuk taman kota, tetapi untuk paving block 25% belum memenuhi syarat standar SNI 03-0691-1996.

Keywords


Paving Block, Plastik Tipe PET, Kuat Tekan

Article metrics

Abstract views : 15 | views : 7

Full Text:

PDF

References


M. Hambali, I. Lesmanis, and A. Midkasna, “Pengaruh Komposisi Kimia Bahan Penyusun Paving Block Terhadap Kuat Tekan dan Daya Serap Airnya,” Jurnal Teknik Kimia., vol. 19, pp. 14–21, Des. 2013.

B. Indrawijaya, A. Wibisana, A. D. Setyowati, D. Iswadi, D. P. Naufal and D. Pratiwi, “Pemanfaatan Limbah Plastik LDPE Sebagai Pengganti Agregat Untuk Pembuatan Paving Blok Beton,” Jurnal Ilmiah Teknik Kimia UNPAM., vol. 3, pp. 1–7, Jan. 2019.

A. F. Sibuea and J. Tarigan, “Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Bahan Eco Plafie (Economic Plastic Fiber) Paving Block Yang Berkonsep Ramah Lingkungan Dengan Uji Tekan, Uji Kejut Dan Serapan Air,”

R. Siregar, Y. Chan, Y. Herdiansyah and T. Nurdiansyah, “Korelasi Besar Temperatur Pemanasan Cetakan terhadap Kualitas Hasil Press Paving Block Berbahan Dasar Sampah Plastik,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Untirta., vol. v, pp. 41–45, Apr. 2019.

Burhanuddin, Basuki and M. R. S. Darmanijati, “Pemanfaatan Limbah Plastik Bekas Untuk Bahan Utama Pembuatan Paving Block,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Untirta., vol. v, pp. 41–45, Apr. 2019.

P. Noratika, “Pengaruh Penambahan Pasir Terhadap Kuat Tekan Paving Block Plastik” Tugas Akhir D3 Teknik Sipil, 2018.

SNI 03-0691-1996, Bata Beton /Paving Block.




DOI: https://doi.org/10.35314/ip.v9i2.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVTEK POLBENG


This Journal has been listed and indexed in :

         

Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License