Kajian Awal Pembuatan Corpus Istilah Marketing Asuransi di Tangerang Selatan

Gharizi Matiini(1*), Annuridya Rosyidta Pratiwi Octasylva(2)

(1) Institut Teknologi Indonesia
(2) Institut Teknologi Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi lebih jauh pemakaian bahasa dan istilah marketing asuransi yang digunakan para agen asuransi dalam mempromosikan produknya. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah hasil rekaman video promosi Asuransi yang dilakukan oleh 30 agen Asuransi di Tangerang Selatan. Penelitian ini mengumpulkan dan mengkategorikan sejumlah koleksi teks dari setiap istilah dan terminologi yang sering dipakai oleh partisipan. Koleksi tersebut nantinya akan dijadikan suatu Corpus bahasa dan Istilah Marketing Asuransi Indonesia. Observasi dan questionnaire adalah dua instrument yang dimasukan dalam metode pencarian data dalam penelitian ini. Data observasi akan diencode dan dianalisis melalui pengkategorian kata, kalimat, dan frase. Sedangkan Questionnaire akan menjadi data pembantu dalam mencari rasional dari hasil analisa observasi. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah kumpulan kata, frase, dan klausa yang paling sering digunakan oleh agen asuransi berikut dengan pernyataan rasional dan latar belakang hasil tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini adalah suatu Corpus bahasa dan Istilah Asuransi. Corpus ini diharapkan menjadi salah satu sumber belajar untuk mahasiswa Manajemen dalam mencari istilah dan kalimat yang umum dipakai dalam dunia marketing asuransi. 

 

Kata Kunci: Marketing Asuransi, Corpus, Kata, Frase, dan Kalimat


Keywords


Marketing Asuransi, Corpus, Kata, Frase, dan Kalimat

Article metrics

Abstract views : 380 | views : 0

Full Text:

PDF

References


Anthony, L. (2005). AntConc: design and development of a freeware corpus analysis toolkit for the technical writing classroom. Professional Communication Conference: Proceedings International, 729-737.

Atkins B. T. (1991) ‘Semantic ID tags: corpus evidence for dictionary senses’, in: The Uses of Large Text Databases: Proceedings of the 3rd Annual Conference of the UW Centre for the New Oxford English Dictionary. Canada: University of Waterloo.

Atkins B. T., Semantic ID tags: corpus evidence for dictionary senses, in: The Uses of Large Text Databases, Proceedings of the 3rd Annual Conference of the UW Centre for the New Oxford English Dictionary. Canada: University of Waterloo, 1987.

Baker, M. (1995). Corpora in translation studies. An overview and suggestions for future Research. Target, 7(2).,1995. 223-243.

Biber, D. et al., Longman Grammar of Spoken and Written English (2nd Eds). Harlow: Pearson Education Limited, 2019

Bjorkenstam, K.N. (2013). What is a corpus and why are corpora important tool?. Retrieved fromhttps://nordiskateckensprak.files.wordpress.com/2014/01/knb_whatisacorpus_cph- 2013_outline.pdf.

Bauman, R. (1975). Verbal art as performance. American Anthropologists, 77(2). 290- 311.

Hasyim, H. (1993). Pengantar Asuransi (1st ed. ). Jakarta: Rajawali.

Kotler, P., & Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Indeks- Prentice Hall.

Marcella, R. , & Davies, S. (2004). The use of customer language in international marketing communication in the Scottish food and drink industry: European Journal of Marketing, 38 (212), 1382-5.

Prihartono, M.W. (2001). Manajemen Pemasaran dan Tata Usaha Asuransi. Yogyakarta: Kanisius.

Silitonga, D.V. (2014). Komunikasi persuasif agen asuransi dalam merekrut calon agen asuransi (Thesis). Universitas Sumatra Utara, Medan.

Soerono, S. (1998). Penuntun ke Agenan Asuransi Jiwa (4th ed.). Jakarta: Dewan Asuransi Indonesia.

Tarigan, (2008). H.G. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gharizi Matiini, Annuridya Octasylva Pratiwia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Copyright of Jurnal Inovasi Bisnis (p-ISSN : 2338-4840, e-ISSN : 2614-6983)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbiz@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View Inovbiz Statistics