Penerapan Sistem Informasi Berbasis Digital dalam Mendukung Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Kegiatan Karang Taruna Kecamatan Bantan

Tengku Musri, Muhamad Nasir

Abstract


Perkembangan teknologi yang cepat sangat berpengaruh terhadap penyampaian dan penyebaran pesan ke berbagai kalangan. Saat ini belum ada tempat yang digunakan sebagai media untuk menyebarkan infomasi dan melakukan dokumentasi kegiatan pada organisasi kepemudaan pada Karang Taruna Kecamatan Bantan. Sehingga mengakibatkan semua informasi penting yang sedang terjadi pada karang taruna mengalami keterlambatan informasi atau pesan yang ingin di sampaikan kurang jelas dan lengkap serta dokumentasi dari setiap kegiatan tidak tekelola dengan baik. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk merancang dan menerapkan sistem informasi berbasis digital dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas pengelolaan kegiatan karang taruna Kecamatan Bantan. Dalam proses rancang bangun sistem informasi ini menggunakan metode waterfall pemodelan UML (unified modeling language) serta menerapkan pengujian black box untuk tahapan pengujian sistem. Dengan menggunakan metode waterfall dalam perancangan sistem informasi ini proses perancangan menjadi lebih teliti dan lebih terarah.

Full Text:

PDF

References


Akbar, F., S.setiaji, Ishak, R., Saputra, D., & Masruri, B. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Karang Taruna Menggunakan Metode Waterfall. Khatulistiwa Informatika, VIII(1), 7–12. www.bsi.ac.id

Arief, H. N., & Suwita, J. (2019). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi E- Commerce Untuk Kalangan Umkm (Bengkel Motor). Sistem Informasi STMIK Insan Pembangunan, 1–13.

Arifin, M., Studi, P., Informasi, S., Teknik, F., & Kudus, U. M. (2017). Portal Sistem Informasi Pengelolaan Karang Taruna Kabupaten Kudus.

Khoirunnisya, K., & Saputra, S. (2021). Implementasi Sistem Informasi Karang Taruna RW:(Studi Kasus RW07 Bakti Jaya). Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 91–96.

Muhammad Achid Alwan Maula. (2019). Perancangan Sistem Informasi Karang Taruna berbasis Mobile (Studi Kasus: Karang Taruna Forum Muda-Mudi As- Syahur). 672015039, 1–2.

Nur Amanda, I. N. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Kegiatan Pada Lembaga Karang Taruna Kecamatan Sepatan Timur. JIKA (Jurnal Informatika), 5(1), 104. https://doi.org/10.31000/jika.v5i1.4017

Purwanti, N. P., Andryana, S., & Gunaryati, A. (2022). SIKARTUN: Sistem Informasi Karang Taruna Berbasis Web Menggunakan Metode FDD dan XP. Techno.Com, 21(1), 115–126. https://doi.org/10.33633/tc.v21i1.5638

Regen, R. (n.d.). Sistem Informasi Pengelolaan karang taruna (SIPEKATAR) Naralatu Agantuka Berbasis Web.

Rizki, C., & Setiawan, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Event Karang Taruna Ujung Menteng Cakung. X(1), 23–30.

Wulandari. (2018). Perancangan Sistem Informasi Karang Taruna Tunas Baru Berbasis Web. Laporan Proyek, 2(2), 2016.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v3i1.3082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.