The Influence Of Consumer Perceptions About Price, Product Quality And Service Quality Towards Purchasing Decisions (at Janji Jiwa Bengkalis)

Yuni Sitta, M Alkadri Perdana

Abstract


This study aims to determine the relationship and influence of price variables, product quality, service quality on purchasing decisions at the Janji Jiwa cafe in Bengkalis partially and simultaneously, to determine the magnitude of the influence of the price variable, product quality, and service quality on purchasing decisions. This type of research is associative. From the test results using partial and simultaneous tests that the variable price, product quality and service quality have a relationship and influence on purchasing decisions. The test results of the coefficient of determination variable price, product quality and service quality affect purchasing decisions with a value of price (22.8%), product quality (44.5%) and service quality (36.7%). This shows that the influence of price, product quality and service quality variables affect purchasing decisions by 60.8%. While the remaining 39.2% (100% - 60.8%) is explained by other causes.

Keywords


Price, Product Quality, Service Quality, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Istiqomah, Hidayat, Jariah. 2019. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di Situs Shopee Kota Lampung. Jurnal Manajemen, Vol.2 No.1, 557-559.

Prasetyo, Fauzi, Sanawiri. 2017. Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Yang Membeli Dan Menggunakan Sepatu Converse). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.61 No3, 209-211.

Poluakan, Tewal, Tawas. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Produk, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion. Jurnal EMBA. Vol.5 No.2, 2313-2331.

Amalia, S. Oloan, A. 2017. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Barbershop ‘X’ Kota Padang. Jurnal Ekonomi. Vol.IV No.1.

Lagautu. 2019. Pengaruh Persepsi dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Scoopy di Kota Bima. Jurnal Dimensi. Vol.9 No.2, 354-355.

Amron, A., (2018). The Influence Of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, And Price On The Consumer’s Buying Decision Of MPV Cars. Journal European Scientific. 228.

Dwi, Qomariah, Tyas. 2018. Pengaruh Kualitas, Nama Merek dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Manajemen. Vol.8 No.2, 148-163.

Dzulkharnain E. 2019. Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. Vol.1 No2.

Farenzia, S., Raymond. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Grab, Jurnal Manajemen Bisnis. Vol.33 No.1.

Hafni, Azzahra, Rosdiani. 2020. Pandangan Citra Brand Kopi Janji Jiwa di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna. Vol.8 No.1, 12-15.

Ismiyanti, Dewi. 2019. Pengaruh Persepsi Konsumen dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tisu Paseo di Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.3 No.1, 65-67.

Istiqomah, Hidayat, Jariah. 2019. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di Situs Shopee Kota Lampung. Jurnal Manajemen, Vol.2 No.1, 557-559.

Jufidar, Abbas, Safwadi. 2019. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Merek dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Skuter Metik Merek Honda di Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora. Vol.3 No.1, 14-25.

Kadir, Abd. 2018. Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Milo Scholl di Kota Palu). Jurnal Ekonomi, Vol.6 No.2, 18-21.

Maulana, Nawangsih, Sulistyan. 2019. Pengaruh Persepsi Konsumen Terhdap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Jurnal Riset Manajemen. Vol.2 No.1, 78-81.

Mewoh, FM., Tampi, RE., Mukuan, DS. 2019 Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Squre. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.9 No.1, 38.

Nugroho, SR. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Ekonomi. Vol.02 No.01.

Nur, MR. 2016. Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Resiko, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Toko Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pebriania, Y.D. 2016. Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Pribadi (Studi pada Indomaret di Ratu Dibalau 2). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung.

Poluakan, Tewal, Tawas. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Produk, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion. Jurnal EMBA. Vol.5 No.2, 2313-2331.

Prasetyo, Fauzi, Sanawiri. 2017. Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Yang Membeli Dan Menggunakan Sepatu Converse). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.61 No3, 209-211.

Putri, A. 2010. Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Lux (Studi Kasus Mahasiswi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Negeri. Jakarta.

Sari, Saihani, Royensyah. 2018. Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Bibit Ayam Murung Panggang di Desa Murung Panggang. Jurnal Rawa Sains, 2-4.

Shuratina, Afiatun. 2017. Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kain Rajut (Studi Kasus Pada CV. SINAR AGUNG). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 93-94.

Subakti, Tenironama, Ari Yuniarso. 2018. Analisis Persepsi Konsumen (Studi Kasus Molecular Mixology di Loewy, Jakarta). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 34-35.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alvabeta Cv.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi.

Suryati, Astuti, E.N. 2020 Pengaruh Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Merek Samsung. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah

Suwarsih, Widowati, Wibowo. 2016. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Pada Kebijakan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Roti Aflah. Jurnal Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.35314/inovbizmik.v1i1.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuni Sitta, M Alkadri Perdana, M Alkadri Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

JournalStories Main logo

Copyright of Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen Investasi dan Kewirausahaan (e-ISSN : 2776-8139)

Creative Commons License
Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis Seri Manajemen Investasi dan Kewirausahaan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: inovbizmk@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

View My Statistics