Pengembangan Game Edukasi Animasi Anatomi Tubuh Dengan 3 Bahasa Untuk Anak TK Menggunakan Adobe Flash
Abstract
Pelajaran bahasa merupakan pelajaran yang sangat penting dibangku sekolah, selain bahasa Indonesia ada juga pelajaran bahasa Inggris yang merupakan salah satu bahasa internasional yang sering digunakan. Pembelajaran bahasa Inggris pada anak sejak dini  perlu diajarkan agar pada saat mereka dewasa kelak anak-anak sudah fasih dan menguasai  bahasa Inggris. Selain bahasa inggris ada juga bahasa arab yang juga dipelajari anak-anak disekolah TK. Oleh karena itu dengan memperkenalkan bahasa asing kepada anak-anak selain media gambar yang biasa digunakan bisa juga digunakan media pembelajaran yang menggunakan unsur multimedia yaitu ada animasi, text dan juga suara. Melalui game edukasi mengenal anatomi tubuh ini akan diharapkan siswa lebih mudah mengingat nama-nama anatomi tubuh manusia dalam bahasa Indonesia, Inggris dan juga arab. Pengenalan anatomi tubuh manusia dengan suara akan lebih mempermudah anak TK belajar dengan cara yang menyenangkan. Perancangan menggunakan UML (Unifed Modelling Languange) Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi menggunakan adobe flash CS6. Pengujian yang dilakukan menggunakan pengujian blackbox. Implementasi game dapat digunakan pada media handphone android dan desktop
Full Text:
PDFReferences
Suardi, Moh, Belajar dan Pembelajaran, CV. Budi Utama, Yogyakarta, 2018
Putri. D. I, R. R. Isnanto, K. T. Martono, Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 124-132, e-ISSN 2338-0403, Jan. 2016.
Ariadi.S, Heru.S, "Edugame Pengenalan Bagian-Bagian Tubuh Manusia Dengan Tiga Bahasa Berbasis Android", Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017, http://eprints.ums.ac.id/51287
Santoso, Apri, Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Berbasis Augmented Reality, skripsi, STMIK GI MDP, Palembang, 2013
Sunaryo Y. Haryo Sulistyanto, Bayupati Agung I Putu, Rusjayanthi Dwi Ni Kadek, Aplikasi Media Pembelajaran Tematik Untuk Anak Tk Berbasis Android, MERPATI VOL.3 NO. 3, ISSN : 2252-3006, p-ISSN 2252-3006, Bali, 2015
Suyanto, M. "Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing", Andi, Yogyakarta. 2003.
S. Egenfeld-Nielsen, "Overview of Research on the Educational Use of Video Game," vol. 1, pp. 184-213, August 2006.
MADCOMS, Panduan Lengkap Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CS4, Andi, Yogyakarta, 2009
Sujiono Yuliani Nurani, Sujiono Bambang, Bermain Kreatif Berbasis kecerdasan Jamak, Indeks, Jakarta 2013
Naseer, M dan G. Hasemadi, Sistem Multimedia, Andi Offset, Yogyakarta, 2013
Bambang. W, "Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya", Rineka Cipta, 2008.
Wandah. W, "Memprogram Game Flash 3D Itu Mudah", Andi, Yogyakarta, 2013.
Wahana Komputer, Membuat Game Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6, Penerbit Andi, Semarang, 2013.
Wina. S, "Kencana Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan", Jakarta, Kencana, 2006.
Evelyn. C.P, "Anatomi Dan Fisiologi Untuk Paramedis", Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Donald M. Silver, Patricia J. W, "Easy Make & Learn Projects Human Body", ISBN: 0-439-04087-6, U.S.A, 1999
A.S, Rosa, Shalahudin,M, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung. 2014.
DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i2.430
Refbacks
- There are currently no refbacks.