PERANCANGAN TEBAL PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN PD T14-2003 (STUDI KASUS : JALAN SUDIRMAN KM 36,4 – KM 39,4 DESA BANTAN TIMUR – MUNTAI BARAT)

Desi Kurniawan, Marhadi Sastra

Abstract


Kondisi eksisting Jalan Jenderal Sudirman Desa Bantan Timur – Muntai Barat merupakan perkerasan kaku dengan lebar 4 meter, dengan bahu jalan dan drainase masih berupa tanah. Jalan Jenderal Sudirman, Desa Bantan Timur – Muntai Barat yang saat ini rusak. Oleh karena itu, perlu direncanakan ketebalan lapisan perkerasan kaku pada ruas jalan tersebut guna meningkatkan pelayanan jalan bagi masyarakat. Rencana ini menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017 dan metode Binamarga 2003. Setelah dilakukan perhitungan tebal perkerasan kaku yang diperoleh dari metode Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017 dan metode Pd T-14-2003 maka didapat nilai tebal perkerasan kaku untuk Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017 adalah 200 mm dan T-14-2003 Pd adalah 190 mm. Dan hasil total rencana anggaran biaya perkerasan uang menggunakan Pedoman Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017 adalah sebesar Rp. 22.947.720.000 dan yang menggunakan Pd T-14-2003 total anggaran yang didapat adalah Rp. 24.547.200.000.

Keywords


: Perkerasan Kaku, metode MDPJ 2017, metode Binamarga 2003, tebal perkerasan, rencana anggaran biaya jalan

Full Text:

PDF

References


Aryanti, Safitri, (2019) Perancangan

Tebal Perkerasan Kaku

Menggunakan Manual Desain

Perkerasan Jalan Revisi September

studi kasus Jalan Sungai

Gadung, Desa Sungai Batang,

Program Studi D4 Teknik

Perancangan Jalan dan Jembatan,

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik

Negeri Bengkalis.

Azizi, Nasution Muhammad, (2019)

Perancangan Tebal Perkerasan Kaku

studi kasus Jalan Yos Sudarso, Kota

Dumai, Program Studi D4 Teknik

Perancangan Jalan dan Jembatan,

Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri

Bengkalis.

Binamarga, (2017) Manual Desain

Perkerasan Perkerasan Jalan 2017

Revisi September 2017, Kementerian

Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.

E, Indisari (2017). perencanaan tebal

perkerasan kaku pada Jalan Baru Kabat

– Bandara Blimbingsari, Kabupaten

Banyuwangi menggunakan metode Bina

Marga 2003 (Pd T-14-2003).

Indonesia Integrated Road Management

Systems (IIRMS), (2005) Panduan

Penetapan CBR Lapangan Melalui

Pengujian Dengan Alat DCP (Dynamic

Cone Penetrometer), Kementerian

Pekerjaan Umum.

Nisak, Khairun, (2019) Perencanaan

tebal perkerasan kaku dengan

menggunakan metode Manual Desain

Perkerasan revisi September 2017 dan

rencana anggaran biaya studi kasus

Jalan Pangkalan Nyirih – Kadur,

Kecamatan Rupat Utara, Program Studi

D4 Teknik Perancangan Jalan dan

Jembatan, Jurusan Teknik Sipil,

Politeknik Negeri Bengkalis.

Pd-T-14 2003, (2003) Perencanaan

Perkerasan Beton Semen, Depertemen

Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan

Perumahan Rakyat, (2016) Analisis

Harga Satuan Pekerjaan Bidang

Pekerjaan Umum, Kementerian

Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.

PP 79 (2013), Tentang Jaringan Lalu

lintas Jalan dan Angkutan Jalan.

PP 43 (1993), Tentang Prasarana dan

Lalulintas Jalan.

RSNI T- 14 – 2004, Geometri Jalan

Perkotaan.

SNI 07- 0663-1995, (1995) Jaringan

Kawat Baja Las Untuk Tulangan beton,

Pekerjaan umum.

Stiyoningsih, Dini 2018. Desain Tebal

Perkerasan Kaku Jalan Raya

Menggunakan Microsoft Excel

berdasarkan Manual Desain Perkerasan

Jalan 02/M/BM/2013 dan NAASRA.

Surat Edaran Dirjen Bina Marga, (2018)

Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan

Konstruksi Jalan dan Jembatan,

Kementerian Pekerjaan Umum &

Perumahan Rakyat.




DOI: https://doi.org/10.35314/tekla.v3i1.2124

Copyright (c) 2021 Desi Kurniawan, Marhadi Sastra


This Journal has been listed and indexed in :

 
View My Stats Creative Commons License
inovtek polbeng by http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekla is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .