STUDI BANDING METODE DESAIN PERKERASAN KAKU ANTARA BM-2003 DAN BM-2017 (Studi Kasus: Jalan Subrantas, Desa Sukardjo Mesim, Rupat)

HelmiIndra Yanti(1*), Hendra Saputra(2)

(1) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis, Jln. Bathin Alam, Sei. Alam Kab.Bengkalis Riau
(2) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis, Jln. Bathin Alam, Sei. Alam Kab.Bengkalis Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Padasaatinibanyakperencanaantebalperkerasankaku menggunakanmetodeBinaMarga2003,dimanaBinaMargainiumumyangdipakai olehperencanaandalam merencanakantebal perkerasan. Saat ini, banyak terdapat perencanaan perkerasan kaku yang menggunakan Bina Marga 2003 (BM-2003), khususnya untuk tebal perkerasan.Akan tetapi, metode ini tidak cocok untuk lalu lintas pada saat ini. Jurnal ini akan membahas dan membandingkan antara metode BM-2003 dan BM 2017. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara BM-2003 dan BM-2017, antara lain : jarak antar tulangan dan rencana anggaran biaya saat menggunakan ketebalan yang sama dan diameter yang sama pada perkerasan kaku.

 


Keywords


Perkerasan Kaku,BM-2003, BM-2017

Article metrics

Abstract views : 6 | views : 0

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 HelmiIndra Yanti, Hendra Saputra


This Journal has been listed and indexed in :