Pelatihan Perawatan dan Perbaikan Mesin Diesel Satu Silider Bagi Nelayan Simpang Ayam Desa Meskom Kecamatan Bengkalis

Ibnu Hajar, Erwen Martianis

Abstract


Sistem perawatan mesin kapal penangkap ikan sangatlah penting untuk menjaga kinerja dan umur pakai mesin dalam jangka waktu yang lama. Nelayan simpang ayam Desa Meskom yang tinggal dipesisir pulau Bengkalis merupakan nelayan tradisional yang setiap hari ke laut untuk menangkap ikan, besarnya potensi laut yang ada menyebabkan kegiatan penangkapan ikan menjadi salah satu mata pecaharian mereka. Kebiasaan masyarakat khususnya nelayan Desa Meskom ketika mesin kapal rusak adalah mereka tidak pergi melaut, mesin hanya ditinggal di kapal atau dibawah ke rumah. Nelayan akan mencari mata pencarian lain guna memenuhi kebutuhan keluarga dan tambahan untuk perbaikan mesin. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan perawatan dan perbaikan mesin kapal satu silinder untuk nelayan Desa Meskom. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para nelayan dalam teknik perawatan dan perbaikan pada mesin diesel satu silinder sehingga bisa melakukan perawatan dan perbaikan mesin sendiri. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah dapat mengurangi jumlah kerusakan mesin dan menekan biaya operasional terutama biaya perbaikan mesin kapal. Metode kegiatan pelatihan ini adalah penyampaian materi teknik perawatan dan praktik perbaikan mesin kapal yang mengalami kerusakan. Hasil pelatihan ini memberikan ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat nelayan peserta dan sangat terbantu dengan dilakukan perbaikan mesin kapal yang mengalami kerusakan. Pada hasil evaluasi para nelayan dapat melakukan perawatan dan perbaikan secara mandiri pada mesin-mesin kapal mereka.


Full Text:

PDF

References


Bambang, S., April, G.M., & Annisa, N. (2019). Pengaruh Pengadaan Spare Part dan Perawatan Mesin Kapal Terhadap Kelancaran Keberangkatan Kapal Milik PT, Pertamina Perkapalan Jakarta. Prosiding Seminar Nasional dan Riset Terapan. Vol. 1 No. 1, 213 -218.

S. Syamsuri, A.Y. Ismail, H.Irawan, and A. Noerpamoengkas. (2019). Pengabdian Masyarakat Bagi Nelayan Nambangan Keluharan Kedung Cowek Kecamatan Bulak. "Penyuluhan Perawatan Mesin Kapal Nelayan" J.Sci.Soc.Dev.,vol.2, no.2 pp. 43-48.

Haryono & Purwanto. (2018)."Perawatan Mesin Diesel Pesawat bantu Kapal" 18:1 Journal Saintek Marit, 91-98

M.Solikhan Arif (2016). Mesin Diesel Kapal : Reparasi dan Perawatan. Terdapat pada laman http://dosenkapal.com/2016/10/mesin- diesel-kapal-reparasi dan - perawatan/. Diakses pada 20 Juli 2022.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.4186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.