Implementasi Jadwal Shalat Digital Dengan Menggunakan Running Text Di Mushalla Kampus Politeknik Negeri Bengkalis

Syaiful Amri, Wan M. Faizal, Azizul Azizul, Puja Almubarak, Nur Azima

Abstract


Mushalla di kampus Politeknik Negeri Bengkalis memerlukan sistem yang efektif dan efisien untuk menampilkan jadwal waktu shalat guna memudahkan para jamaah. Pengabdian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem Jadwal Waktu Shalat yang otomatis dan terintegrasi. Sistem ini menggunakan mikrokontroler berbasis Arduino yang dihubungkan dengan modul display LED. Data waktu shalat diperoleh dari perhitungan astronomis yang diinputkan ke dalam sistem, yang kemudian ditampilkan secara otomatis pada layar LED. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pembaruan otomatis berdasarkan lokasi dan tanggal. Implementasi sistem jadwal shalat digital ini diharapkan dapat memberikan informasi waktu shalat yang akurat, mudah diakses, dan meningkatkan kenyamanan jamaah dalam menjalankan ibadah. Evaluasi menunjukkan bahwa sistem ini berfungsi dengan baik dan mendapatkan respons positif dari pengguna yaitu jamaah mushalla kampus.


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, A., & Rahman, F. (2022). Implementasi Sistem Informasi Jadwal Shalat Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknologi Informasi, 10(2), 123-135.

Santoso, D., & Yuliani, R. (2021). Desain Sistem Informasi Shalat Menggunakan Mikrokontroler Arduino. Jurnal Elektronika dan Komputer, 8(3), 150-162.

Wijayanti, A., & Permana, R. (2020). Penggunaan LED Display untuk Informasi Publik di Tempat Ibadah. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 15(1), 98-105.

Zainal, M., & Fathurrahman, A. (2019). Implementasi Display Digital Untuk Informasi Waktu Shalat di Masjid. Jurnal Rekayasa Sistem, 7(4), 200-210.

Budiman, D. F., Rahman, S., & Irwan, M. (2018). Pemanfaatan Running Text Sebagai Alat Bantu Informasi Waktu Sholat di Masjid Baiturrahman Desa Mujur Lombok Tengah. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 163-169.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.4152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.