PENYUSUNAN PANDUAN SOSIALISASI DAN LITERASI EKONOMI KREATIF KABUPATEN BENGKALIS

Nazrantika Sunarto, Dwi Astuti, Yanisha Dwi Astari

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melakukan penyusunan panduan sosialisasi dan literasi ekonomi kreatif Kabupaten Bengkalis. Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi. Berdasarkan hasil diskusi tim pengusul dengan bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada bulan Januari 2023 dapat identifikasi permasalahan dalam pengembangan ekonomi kreatif adalah belum adanya standar pelaksanaan teknis kegiatan sosialisasi pelaku ekonomi kreatif dan dari segi kualitas dan kuantitas pelaku usaha yang belum memadai untuk mendukung dalam menghasilkan produk kreatif menggunakan ide-ide inovatifnya. Metode yang digunakan pada pelaksanaan pengabdian ini adalah diskusi awal dengan bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melakukan penyusunan panduan sosialisasi dan literasi ekonomi kreatif, selanjutnya perlu masukan dan saran dari dinas terkait lainnya dan Lembaga Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kabupaten Bengkalis dan Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Kabupaten Bengkalis. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini adalah tersusunnya panduan sosialisasi dan memberikan literasi ekonomi kreatif kepada pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Bengkalis sehingga mereka dapat memiliki knowledge, comprehension, dan application tentang ekonomi kreatif serta diharapkan dapat saling berkoordinasi dan bekerjasama antar instansi pemerintah, pelaku ekonomi kreatif dan institusi Pendidikan dalam menjalankan sektor-sektor ekonomi kreatif daerah.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, I., & Srigustini, A. (2022). Pembelajaran Ekonomi Abad 21: Pengukuran Literasi Ekonomi Siswa Aspek Pengetahuan Dan Sikap. Economi Education Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/E3j/Article/View/25152%0ahttp://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/E3j/Article/Download/25152/16133.

Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2017). Rencana Strategis Badan Ekonomi Kreatif 2015-2019. Jakarta.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepda Masyarakat. (2019). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi, Edisi XIII. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

P3M Polbeng. (2022). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, edisi 1 Vokasi. Politeknik Negeri Bengkalis.

Sururi, A. (2017). Inovasi Model Pengembangan Kebijakan Ekonomi Kreatif Provinsi Banten. Jurnal Scientium, 6 (14).




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.4101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.