Penerapan Beton Pracetak Gazebo Objek Wisata Desa Wonosari - Bengkalis

Dedi Enda, Alamsyah Alamsyah

Abstract


Fasilitas yang memadai sangat diperlukan untuk menunjang kebutuhan wisatawan saat berwisata. Semakin lengkap fasilitas yang ada dalam suatu obyek wisata maka akan membuat wisatawan nyaman dan betah menikmati obyek wisata tersebut. Namun karena keterbatasan biaya yang di miliki oleh Pemerintahan Desa Wonosari menyebabkan ketersediaan fasilitas pada objek wisata yang sudah dikembangkan belum memadai. Oleh karena itu tim dari Politeknik Negeri bengkalis khususnya Jurusan Teknik Sipil menawarkan solusi pemecahan dengan melakukan pembuatan fasilitasnya menggunakan anggaran PNBP Politeknik Negeri Bengkalis. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini dimulai dari desain gazebo dengan ukuran 2m x 2m, pengadaan bahan-bahan konstruksi, pembuatan beton pracetak, pemasangan beton pracetak dilapangan, pemasangan konstruksi kolom, atap dan lantai serta finishing konstruksi gazebo. Gazebo yang telah dibangun ini akan menjadi fasilitas wisata Desa Wonosari.

References


Anonim, Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, 2021, P3M Polbeng, Bengkalis.

Agus, Ridwan. M . 2019. “Pemetaan Objek Wisata Alam Kabupaten Kepulauan Selayar Berbasis Sistem Informasi Geografis Arcgis 10.5†Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, Vol. 1 No. 1 2019. Hal. 45-50.

Elviana. E, Mutia. F, dan Yunisya. A. N. 2018. “Konsep & Desain Desa Wisata Pesisir Desa Kalanganyar Kab. Sidoarjo†CV. Mitra Sumber Rejeki. Surabaya.

Rofiki. I, Aura. C. N Abtokhi. A dan Abdussakir. 2021. “Perencanaan Desa Wisata untuk Pengembangan Potensi Alam Desa Jatisari.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5 No. 3 Agustus 2021. Hal. 312-320.

Badan Pusat Statistik Kab. Bengkalis, 2018. “Kecamatan Bengkalis Dalam Angka 2018â€, Bengkalis

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA , Jakarta

Endar Sugiarto dan Kusmayadi. 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gamal Suwantoro. 1997. Dasar-Dasar Pariwisata.Yogyakarta: Andi.

Happy Marpaung. 2002. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Afabeta.

M Kesrul. 2003. Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata, Jakarta: Grasindo.

Musanef. 1996. Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia. Jakarta: PT Agung.

Nyoman S Pendit. 2002. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.3750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.