Renovasi Rumah Produksi UMKM Gula Aren dari Kelapa Sawit di Kab. Rokan Hili

Zev Al Jauhari, Mutia Lisya

Abstract


Pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah saat ini sangat berkembang dengan pesat. Sejak Tahun 2022, Politeknik Negeri Bengkalis melalui UPT P3M sudah melakukan pembinaan pada beberapa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di Provinsi Riau. Sebagai bentuk keberlanjutan kegiatan, pembinaan terhadap UMKM selanjutnya dilakukan di Kab. Rokan Hilir. Salah satunya adalah UMKM gula aren dari kelapa sawit yang beralamat di Jl. Lintas Menggala, Kec. Tanah Putih, Kab. Rokan Hilir, Provinsi Riau. Kondisi area produksi UMKM gula aren dari kelapa sawit saat ini banyak mengalami kerusakan, dengan kondisi tersebut menyebabkan kurangnya tingkat kenyamanan bagi karyawan yang bekerja pada unit produksi sehingga terjadi penurunan jumlah produksi produk yang dihasilkan. Oleh karena itu diperlukan suatu usaha untuk memperbaiki kondisi tersebut. Melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat yang bersumber dari Dana PNBP, diusulkanlah renovasi rumah produksi, terutama elemen lantai dan dapur sehingga dapat memberikan dampak positif pada kenyamanan dan meningkatkan kinerja rumah produksi.

References


Eddy S. S., Tri W. N., Yayah S., Mari M., Dedi S. S. (2020). Pendampingan Kepada Masyarakat dalam Renovasi Masjid Daarut Taqwa: IComSE (Indonesian Community Service and Empowerment) Vol. 1, No. 1, Hal. 1 – 9.

Hartana. (2022). Pengembangan UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Teknologi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, Vol. 3 No. 2.

Heri H., Rama I. K., Zulmahdi D., Rifky U., Woelandari F., Qurrotul M., Haryadi, Hendrian B. B. K. (2023). Pendampingan Pembuatan Desain dan RAB Renovasi Masjid Nurul Iman di Desa Kasemen Kota Serang: Jurnal ABDIKARYA Vol. 5, No. 1.

Oni F., Dedi E., Mutia L. (2022). Penerapan Limbah FABA Non B3 pada Renovasi Tempat Area Produksi UMKM Kue Bakpia Celsy: TANJAK (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 3, No. 1.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33-64.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v5i1.3749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.