Pendampingan Penyusunan Business Plan pada Umkm “Usaha Jamu Sehat Tradisional Tok Imah”

Endang Sri Wahyuni(1*), Sri Mawarni(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan Pendampingan Penyusunan Business Plan Pada UMKM “Usaha Jamu Sehat Tradisional Tok Imah” di Bengkalis. Kegiatan ini merupakan Pengabdian Masyarakat pada Skema Penerapan Iptek Masyarakat (PIM) yang diberikan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) kepada Tim pengabdian Politeknik Negeri Bengkalis. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu kelompok mitra yaitu UMKM “Usaha Jamu Sehat Tradisional Tok Imah” dalam meningkatkan nilai jual produk, serta membantu mitra dalam hal pemasaran yang terdiri dari kemasan yang masih manual dan standar, belum ada tampilan brandnya serta izin dari dinas kesehatan, serta penjualan hanya berdasarkan pesanan dari konsumen dengan pendapatan belum menentu. Metode yang digunakan adalah Pendampingan dan pelatihan. Luaran yang diharapkan yaitu terselenggaranya kegiatan Pelatihan dalam pembuatan kemasan produk (label) serta promosi melalui media sosial. Terselenggaranya pendampingan mitra dalam hal memonitoring dan mengevaluasi kelompok UMKM Jamu Sehat dalam meningkatkan penjualan produk. Dampak kegiatan ini diharapkan kedepannya produk-produk yang ada di UMKM ini layak dipromosikan baik sebagai produk konsumsi dikalangan remaja, bahkan lansia serta menjalin Kerjasama dengan para bidan yang ada di Kabupaten Bengkalis.


Article metrics

Abstract views : 61 | views : 11

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


Aryanta, I. W. R. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Widya

Kesehatan, 1(2), 39-43.

Redi Aryanta, I. W. (2019). Manfaat Jahe bagi Kesehatan. Widya

Kesehatan. https://doi.org/10.32795/widyakesehatan.v1i2.463

Yuan Shan, C., & Iskandar, Y. (2018). Studi Kandungan Kimia Dan Aktivitas Farmakologi Tanaman Kunyit (Curcuma longa L.). Pharmacia

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.

Yusuf Saleh, M., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v4i1.3720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.