Perencanaan Dan Integrasi cost eficient Cool box Portable Pada Kapal Tradisional Nelayan Untuk Memperpanjang Umur Simpan Ikan Lomek Sebagai Bahan Baku Produk Turunan Ikan Lomek Di Bumdesa Kuala Alam Kabupaten Bengkalis

Edy Haryanto, Husnul Muttaqin, M. Alkadri Perdana

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk Perencanaan dan Integrasi Cost Efficient Cool box  Portable pada Kapal Tradisional Nelayan untuk Memperpanjang Umur Simpan Ikan Lomek sebagai Bahan Baku Produk Turunan Ikan Lomek di BUMDesa Kuala Alam. Kegiatan ini diusulkan atas permintaan Direktur BUMDesa Kuala Alam yang disampaikan melalui diskusi bersama dengan pihak Pengusul Pengabdian Politeknik Negeri Bengkalis. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu kelompok mitra yaitu Bumdes Kuala Alam dalam merencanakan desain dan pembuatan cool box  portable pada kapal tradisional nelayan. Metode yang digunakan adalah survey dan pembuatan cool box  portable. Luaran yang diharapkan yaitu tersedianya desain dan  cool box  portable yang ekonomis untuk kapal tradisional nelayan BUMDesa Kuala Alam. Dampak kegiatan ini diharapkan kedepannya jumlah dan kualitas hasil tangkap ikan lomek BUMDesa Kuala Alam semakin meningkat sehingga memberikat dampak positif pada pendapatan nelayan dan pelaku UMKM dalam mengolah ikan lomek sebagai bahan baku produk produk turunan ikan lomek di BUMDesa Kuala Alam. serta menjalin Kerjasama yang berkesinambungan antara Politeknik Negeri bengkalis dan Bumdes Kuala Alam.


References


Caya, M.F.N. and Rahayu, E., 2019. Dampak BUMDesa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Aik Batu Buding, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial (Journal of Social Welfare), 20(1).

Junianto, 2003. Teknik Penanganan Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Mustakim, A., dkk. 2023. Pembuatan Cool box portable dengan Sistem Pendingin Air Guna Mendukung Cold Chain pada Distribusi Ikan dan Menjaga Kualitas Ikan Tangkapan Nelayan, Sewagati, 7(1):56–66

Raflah, WJ., & Nurlaili Sari. 2021. Workshop dan Pelatihan Penerapan Marketing Strategi melalui Standarisasi Produk untuk Meningkatkan Pendapatan BUMDesa Kuala Alam sebagai Reseller Produk Ikan Lomek Kering di Bengkalis. Tanjak: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1)

P3M Polbeng, 2021. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis.

Sari, Syarifah, dkk. 2017. Entrepreneurship Orientation and Holistic Marketing Mix in Creating




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v4i1.3640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.