Pelatihan dan Implementasi Teknologi Digital Running Text Sebagai Penunjuk dan Pengingat Waktu Sholat di Masjid Al Muttaqin Kabupaten Nganjuk

R Akbar Nur Apriyanto(1*), Mohammad Erik Echsony(2), Mohammad Erik Echsony(3), R. Gaguk Pratama Yudha(4), R. Gaguk Pratama Yudha(5), Rahayu Mekar Bisono(6), Rahayu Mekar Bisono(7)

(1) Politeknik Negeri Madiun
(2) Politeknik Negeri Madiun
(3) Politeknik Negeri Madiun
(4) Politeknik Negeri Madiun
(5) Politeknik Negeri Madiun
(6) Politeknik Negeri Madiun
(7) Politeknik Negeri Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Running Text merupakan salah satu media informasi atau publikasi digital yang terbentuk dari susunan lampu Light Emitting Diode (LED) dengan pola yang beraturan dan ditiap LED nya memiliki titik koordinat yang berfungsi untuk mengetahui posisi LED mana yang dinyalakan atau dimatikan. Lampu LED ini terdapat berbagai macam warna, mulai dari merah, kuning, hijau, biru, putih dan warna lainnya. Dalam pengaplikasiannya, running text ini biasanya digunakan di tempat ibadah. Pada jam konvensional hanya menyediakan penunjuk waktu. Disamping itu, perlu adanya fitur penunjang seperti alarm yang berbunyi ketika masuk waktunya sholat dan informasi melalui running text. Oleh karena itu, diperlukan adanya jam digital otomatis yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dalam pengabdian masyarakat ini akan ada pelatihan teknologi dan implementasi penggunaan running text pada lingkungan Masjid Al Muttaqin yang terletak di Jl. Jlumpang No.8, Jatirejo, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur diharapkan dapat bermanfaat untuk media informasi terkait penunjuk dan pengingat waktu shalat.


Article metrics

Abstract views : 55 | views : 14

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/Repositorys/pesantren

Jam sholat digital, sumber mediaonline

https://jamdigital.co.id




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v4i1.3504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.