ancang Bangun Mesin Pengaduk Produk Turunan Serai Wangi Di Bumdesa Gading Emas Teluk Pambang (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Abdul Gafur(1*), Firman Alhafiz(2), Vebrita Sari(3)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(3) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Bumdes Gading Emas Teluk Pambang memiliki unit usaha di bidang Destilasi Serai Wangi,

produk yang dihasilkan berupa minyak serai wangi, handsanitiser, minyak telon dan beberapa produk turunan seperti sabun cuci tangan, sabun cuci piring, pel lantai, dan lain-lain. Pembuatan produk turunan serai wangi dibuat dari limbah air yang sudah dipisahkan dari minyak serai wangi, limbah serai wangi ini kemudian diolah menjadi produk turunan dengan menambahkan beberapa bahan kimia dan diaduk hingga homogen agar mendapatkan hasil yang maksimal. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah pada saat proses pengadukan masih menggunakan cara manual dan membutuhkan waktu yang lama saat proses produksi serta mengakibatkan kelelahan tangan saat mengaduk sehingga hasil yang diperoleh juga kurang maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat pengaduk otomatis yang bisa meringankan pekerjaan saat proses pengadukan dan hasilnya juga akan lebih maksimal. Solusi yang akan diberikan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan merancang dan membangun mesin pengaduk kapasitas 50liter bahan baku. Prinsip kerja dari mesin ini dibuat vertikal dengan menggunakan penggerak motor listrik 1⁄2 HP kemudian diteruskan ke reduser untuk menurunkan putaran dan dihubungkan langsung ke poros pengaduk, di batang pengaduk akan diberikan sirip-sirip pengaduk agar bahan yang diaduk tercampur secara merata. Dengan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan produksi dan mempermudah mitra dalam proses produksi produk turunan serai wangi.


Article metrics

Abstract views : 9 | views : 2

Full Text:

PDF

References


Amiludin, N. H. (2014). Analisa Rancang Bangun Mesin Pengaduk Bahan Baku Sabun Mandi Cair. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(02).

Ahya, R., Prasetyo, R., Sari, M. P., & Lestari, M. S. (2021). RANCANG BANGUN MESIN PENGADUK SABUN CUCI CAIR UNTUK MENGOPTIMALKAN WAKTU PRODUKSI PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA. Jurnal Inkofar, 5(1).

Ramadhan, I., Pratama, S. A., Saputro, P. A., & Diana, M. (2019, July). Mesin pengaduk untuK produksi sabun. In Seminar Nasional Teknik Mesin 2019.

Zuber, M., & Alfansuri, A. (2020). Rancang Bangun Alat Pengaduk Sabun Cair Bahan Baku Minyak Serai Wangi. Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM), 3(02), 33-38.

Manik, M. R. E. S., Syahdewa, B. I., & Safrida, E. (2019). PEMBERDAYAAN EKONOMI KADER JARINGAN KESEHATAN MASYARAKAT (JKM) MELALUI RANCANG BANGUN MESIN PENGADUK SABUN CAIR DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. In Prosiding (SENIAS) Seminar Pengabdian Masyarakat.

Mustofa, A. Z., & Priyasmanu, T. (2021). PERANCANGAN ULANG ALAT PENGADUK SABUN CAIR PADA PENGATUR KECEPATAN. Jurnal Valtech, 4(2), 261-269.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.