Fasilitas Rumah Belajar Terpadu Bina Insan

Nurhasanah - Nurhasanah(1*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah Belajar Terpadu Bina Insan merupakan binaan Darma Wanita Politeknik Bengkalis (DWPB). Rumah belajar ini belum memiliki fasilitas yang layak untuk digunakan anak-anak yang akan belajar. Sehingga perlu dibangun fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran melalui berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan. Fasilitas yang dibuat terdiri dari gazebo atau pendopo, ayunan dan perosotan. Seluruh fasilitas dibangun dengan mempertimbangkan factor-faktor efisiensi dan keamanan ketika digunakan. Gazebo terbuat dari bahan kayu dengan 4 (empat) tiang semi permanen dengan ukuran panjang 2,5 m, lebar 2 m dan tinggi dari permukaan tanah kelantai 40 cm. Ayunan terbuat dari besi pipa schedule 40 size 1 inc, flat bar 2 inc dan plat 10 mm. Adapun dimensi ayunan terdiri dari panjang 200 cm, lebar 80 cm, tinggi 170 cm serta panjang atap 200cm x 180cm. Sedangkan untuk perosotan terbuat dari bahan fiberglass dengan tangga dan rangka pegangan terbuat dari besi dengan sistem knock down bersifat portable. Dimensi perosotan terdiri dari panjang 170cm, lebar 47cm, tinggi 90cm dan tebal 45mm.


Article metrics

Abstract views : 88 | views : 12

Full Text:

PDF

References


Farida Yusuf, Aris Susanti, Yohana ramunda. 2018. Pedoman pengelolaan kelas usia dini. jakarta, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Surya Wulantika, Surya Wulantika. 2014. Pelatihan PAIKEM GEMBROT Bagi Pendidik PAUD. Semarang, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v3i1.2816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.