Pemasaran Berbasis Digital dan Penerapan Alat Pengasapan Ikan pada Kelompok Nelayan (Studi Kasus : Kelompok Nelayan Berkah Sepakat)

Lipantri Mashur Gultom(1*), Desi Amirullah(2)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Deluk merupakan salah satu Desa di Kabupaten Bengkalis, sebagian besar kondisi perekonomian masyarakatnya tertumpu pada sektor kelautan dan pertanian. Kelompok Nelayan Berkah Sepakat merupakan salah satu Kelompok Nelayan tradisional yang ada di Desa Deluk dan menjadi Mitra dalam pengabdian ini. Kelompok ini memiliki 4 unit kapal tangkap dan 12 orang nelayan. Kelompok Nelayan ini telah melakukan aktifitas pengasapan ikan secara tradisional jika ada pesanan dari masyarakat sekitar untuk dapat meningkatkan nilai jual dan menambah pendapatan ekonomi. Permasalahan mitra, yaitu rendahnya kualitas dan kuantitas produk ikan asap karena model pengasapan ikan dilakukan secara tradisional. Dari analisis wawancara dan analisis permasalahan Mitra, selanjutnya tim pengusul bersama Kelompok Nelayan Berkah Sepakat, menyepakati untuk mengatasi permasalah tersebut dengan solusi pertama yaitu melakukan pemasaran berbasis digital yang bertujuan untuk memudahkan dalam menyampaikan informasi produk penjualan ikan asap, agar dapat langsung dijual kepada konsumen, sehingga kelompok nelayan dapat menikmati hasil penjualan yang lebih tinggi. Solusi kedua yaitu pembuatan dan penerapan Alat Pengasapan Ikan agar kelompok mitra dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas serta dapat memproduksi secara rutin. Hasil akhir dari program pengabdian masyarakat ini adalah transfer knowledge dan penerapan pemasaran Digital, serta penerapan TTG untuk peningkatan ekonomi masyarakat khususnya kelompok Nelayan Berkah Sepakat. Dari hasil penerapan alat pengasapan ikan, mampu memberikan hasil pengasapan yang lebih merata dan lebih baik dari metode pengasapan tradisional yang dilakukan sebelumnya. Beberapa keunggulan alat TTG ini adalah tidak mudah gosong, dan aman ketika ditinggalkan menunggu hasil pengasapannya matang.

Kata Kunci:  Nelayan Tradisional, Ikan Asap, Digital Marketing, TTG Pengasapan Ikan


Article metrics

Abstract views : 160 | views : 44

Full Text:

PDF

References


Hartati, Indah. dkk, 2013, “Penguatan usaha pengasapan ikan “sido makmur” ketapang kabupaten kendal”, Momentum, Vol. 9, No. 02, Oktober 2013

Farell, Geovanne. Dkk, 2019, “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto”, Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.19, No.1, 2019, pp. 42-47

Indriyana, Tedy. Dkk, 2020, “Peningkatan Kualitas Produksi Ikan Asap di Rumah Produksi Kampung Rawa Jaya Tobelo Melalui Inovasi Alat Pengasapan Ikan Sari Waruna”, International Journal of Community Service Learning. Volume 4, Number 1, Tahun 2020, pp. 59-71




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v2i1.2209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.