WORKSHOP DAN PELATIHAN PENERAPAN MARKETING STRATEGI MELALUI STANDARISASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN BUMDES KUALA ALAM SEBAGAI RESELLER PRODUK IKAN LOMEK KERING DI BENGKALIS.

Wan Junita Raflah(1*), Nurlaili Sari(2)

(1) POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS
(2) POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan Workshop Dan Pelatihan Penerapan Marketing Strategi Melalui Standarisasi Produk dan Strategi Harga Untuk Meningkatkan Pendapatan Bumdes Kuala Alam Sebagai Reseller Produk Ikan Lomek Kering Di Bengkalis. Kegiatan ini diusulkan atas permintaan Direktur Bumdes Kuala Alam yang disampaikan pada Focus group discussion (FGD) Bersama Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) dan Ketua Jurusan Administrasi Niaga di Politeknik Negeri bengkalis. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu kelompok mitra yaitu Bumdes Kuala Alam dalam meningkatkan nilai jual produk, merencanakan harga jual sesuai dengan segmentasi dan target pasar. Mettode yang digunakan adalah workshop dan pelatihan. Luaran yang diharapkan yaitu terselenggaranya kegiatan workshop dan mitra dapat mempraktekkan langsung proses pensortiran produk sesuai dengan spesifikasi standar produk. Terselenggaranya pelatihan penentuan kemasan produk sesuai spesifikasi standar produk dan penetapan harga jual sesuai dengan spesifikasi produk untuk meningkatkan nilai jual produk. Dampak kegiatan ini diharapkan kedepannya produk ikan lomek kering Bumdes Kuala Alam ini layak dipromosikan baik sebagai produk oleh-oleh, reseller maupun distributor dalam jumlah besar serta menjalin Kerjasama yang berkesinambungan antara Politeknik Negeri bengkalis dan Bumdes Kuala Alam.


Article metrics

Abstract views : 156 | views : 14

Full Text:

PDF

References


Baker, M.J., 2014. Marketing strategy and management. Macmillan International Higher Education.

Caya, M.F.N. and Rahayu, E., 2019. Dampak Bumdes Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Aik Batu Buding, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial (Journal of Social Welfare), 20(1).

Carson, D., Cromie, S., McGowan, P. and Hill, J., 1995. Marketing and entrepreneurship in SMEs: An innovative approach. Pearson Education.

P3M Polbeng, 2021. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis

Winata, I.G.K.A., Sanjaya, N.M.W.S. and Astana, I.G.M.O., 2020. Entrepreneurship Orientation and Holistic Marketing Mix in Creating Competitive Advantages Bumdes. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 6(2), pp.87-96.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v2i1.2158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.