IMPLEMENTASI E-LIBRARY UNTUK MENDUKUNG LITERASI DIGITAL DESA KUALA ALAM

Danuri Danuri(1*), Jaroji Jaroji(2), Fajri Profesio Putra(3)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(3) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan prioritas mitra yaitu (1) Pengelolaan manajemen Perpusdes secara Manual, (2) Akses Literasi terbatas pada Jam Layanan Perpusdes, (3) Koleksi Literasi masih dalam bentuk Hardcopy, dan (4) Keterbatasan Ukuran Ruangan Perpusdes. Target khusus yang ingin dicapai adalah luaran berupa Produk Teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, artikel tentang pengabdian tersedia draft untuk diterbitkan pada jurnal nasional dan kegiatan pengabdian terpublikasi mada media massa online. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dan target khusus dibagi menjadi 3 tahapan yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi. Pada tahap persiapan tim pelaksana pengabdian melakukan FGD untuk mengidentifikasi permasalahan dan menetapkan solusi. Pada tahap pelaksanaan, melakukan instalasi dan konfigurasi aplikasi e-library pada lingkungan mitra, melakukan pelatihan kepada staf perpustakaan, launching dan sosialisasi aplikasi ke masyarakat. Pada tahap evaluasi, tim melakukan monitoring aplikasi dan mendampingi mitra dalam pengoperasioan aplikasi pasca pelatihan.

Article metrics

Abstract views : 184 | views : 17

Full Text:

PDF

References


Nugraha, A., & Wicaksono, H. (2021). SLIMS. (S. D. Community, Producer) Retrieved from SLIMS: https://slims.web.id/demo/

Pemerintah Desa Kuala Alam. (2021). Profil Perpustakaan Desa Kuala Alam "Cahaya Ilmu". Bengkalis, Riau, Indonesia: Pemerintah Desa Kuala Alam.

Pribadi, P., Wahyudi, Al Azhar, N., & Girsang, A. A. (2019, Oktober). Pelatihan Manajemen Otomasi Perpustakaan Desa Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(2), 112-119.

Safii, M., Bagaskara, A., Imalasari, F., Anggraeni, M., & Lexmana, M. N. (2020). Pengelolaan Koleksi Melalui Senayan Library Management System (SLiMS) dalam Meningkatkan Mutu Perpustakaan Cahaya Duni. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (HAPEMAS 2). 2, pp. 93-104. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang.

Nugraha, A., & Wicaksono, H. (2021). SLIMS. (S. D. Community, Producer) Retrieved from SLIMS: https://slims.web.id/demo/

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (2021). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Bengkalis, Riau, Indonesia: Politeknik Negeri Bengkalis.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v2i1.2142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.