Mesin Pembelah Buah Pinang Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Produksi Biji Pinang BUMDES Kembung Baru Bengkalis

Marzuarman Marzuarman(1*), Stephan Stephan(2), Muharnis Muharnis(3), Hari Putra(4)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(3) Politeknik Negeri Bengkalis
(4) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Masyarakat Desa Kembung baru, Kecamatan Bantan, Kabupeten Bengkalis, umumnya bekerja sebagai petani pinang. Banyaknya hasil panen dan terbatasnya tenaga pekerja yang bertugas membelah pinang menyebabkan waktu dalam produksi biji pinang menjadi lebih lama. Dengan adanya mesin pembelah pinang ini akan mempermudah mitra untuk membelah pinang setiap harinya, karena mesin yang didesain ini mampu membelah pinang setiap waktu secara terus menerus. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan, mulai dari survei ke lokasi mitra, perancangan dan pembuatan mesin, dan serah terima mesin pembelah pinang kepada mitra, serta sosialisasi cara penggunaan mesin. Berdasarkan hasil kegiatan, mesin pembelah pinang yang dibuat mampu membelah pinang hingga mencapai 250 kg/ jam, dan mesin ini telah diserahkan ke BUMDES Desa Kembung Baru Bengkalis melalui Kepala Desa Hendri Cong Meng pada tanggal 29 September 2021.

Kata Kunci:  Desa Kembung Baru Bengkalis, Mesin Pembelah Pinang, Buah Pinang


Article metrics

Abstract views : 298 | views : 22

Full Text:

PDF

References


Erizal, I. P., Yetri, Y., & Nusyirwan, N. (2018). Perencanaan Perawatan Mesin Pengupas Kulit Pinang. Jurnal Teknik Mesin, 11(1), 11-15.

Hastuti, K. (2020). Penyuluhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tepat Guna Dalam Meningkatkan Ekonomi Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 4(1), 22-27.

Isra, A. (2019). Pengembangan Alat Pembelah Buah Pinang (Areca catechu L.) SEMI MEKANIS (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Muhammad, M. (2020). Perancangan Alat Bantu Pembelah Pinang Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Menggunakan Metode Rasional (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).

Rodika, R., Tuparjono, T., Otomo, B., & Febryani, R. A. (2018). Rancangan Mesin Pembelah Buah Pinang Dengan Dua Mata Potong. Manutech: Jurnal Teknologi Manufaktur, 10(02), 59-63.

RRI Bengkalis. (2019, 27 September). Desa Kembung Baru Kejar Ketertinggalan Meskipun Masih Desa Baru. Diakses pada 1 Mei 2021, https://rri.co.id/bengkalis/daerah/726427/desa-kembung-baru-kejar-ketertinggalan-meskipun-masih-desa-baru

Sukadi, S., & Kurniawan, A. (2020). Rancang Bangun Mesin Pembelah Pinang. Teknika: Jurnal Teknik, 7(2), 168-174.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v2i1.2137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.