Workshop Pembenahan Laporan Keuangan BUM Desa Air Putih Jaya Bengkalis

Yunelly Asra(1), Hutomo Atman Maulana(2*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(2) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan workshop dan pendampingan pembenahan pencatatan keuangan pada BUM Desa Air Putih Jaya Bengkalis. Kegiatan ini diusulkan sebagai jawaban atas permintaan dari Direktur BUM Desa Air Putih Jaya yaitu Bapak Indo Marlington disampaikan pada Focus Group Discusssin (FGD) pada tanggal 26 Mei 2021 di kantor P3M Polbeng. Kegiatan ini diharapkan akan mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan mengelola dan mencatat laporan keuangan BUM Desa bagi pengurus operasionalnya. Target kegiatan ini adalah seluruh pengurus BUM Desa Air Putih Jaya mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan mengelola dan mencatat laporan keuangan BUM Desa. Metode yang digunakan adalah workshop dan pendampingan. Luaran kegiatan (Output) adalah terselenggaranya kegiatan workshop dan pendampingan tentang mengelola dan laporan keuangan BUM Desa dan unit usahanya, serta sosialisasi hasil program dalam seminar atau media. Dampak (outcome) kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan membuat dan mengelola pencatatan laporan keuangan BUM Desa Air Putih Jaya, dan mendapatkan apresiasi masyarakat terhadap Polbeng serta terjalinnya hubungan harmonis antara Polbeng dan masyarakat.

Article metrics

Abstract views : 94 | views : 11

Full Text:

PDF

References


Darwita, I. K., & Redana, D. N. (2018). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dan Penanggulangan Pengangguran Di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng. Locus, 9(1).

Kirowati, D., & dwi Setia, L. (2018). Pengembangan desa mandiri melalui BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa (Studi kasus: Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan). Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 3(1), 15-24.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Badan Usaha Milik Desa. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri.

P3M Polbeng. (2020). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis

Titioka, B. M., Huliselan, M., Sanduan, A., Ralahallo, F. N., & Siahainenia, A. J. (2020). Pengelolaan Keuangan BUMDES di Kabupaten Kepulauan Aru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak, 3(1), 197-216.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.




DOI: https://doi.org/10.35314/tanjak.v2i1.2059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.