Prototype Sistem Pendeteksi Jenis Kayu Menggunakan Sensor MQ-6

Rometdo Muzawi(1*), Resti Desmawati(2), Unang Rio(3)

(1) STMIK Amik Riau
(2) STMIK Amik Riau
(3) STMIK Amik Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan). Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap) dan bahan kertas. Banyak nya jenis-jenis kayu sering membuat manusia kesulitan dalam menentukan jenis kayu yang sesuai dengan tekstur, bau dan rasa. Bau dan rasa kayu terkadang mudah hilang bila kayu itu lama tersimpan di udara luar. Agar kita dapat mengetahui kayu yang cocok dengan kriteria dan spesifikasi yang kita inginkan, Maka dari itu Penelitian merancang sebuah alat yang dapat mendeteksi dari aroma kayu menggunakan sensor TGS2602 dan TGS 2600. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah alat yang mampu menentukan jenis kayu (Jati dan Mahoni) dan mendeteksi aroma dari jenis kayu tersebut.

Article metrics

Abstract views : 1118 | views : 299

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


A. Saefudin, “Pemanfaatan kayu sebagai bahan struktur bangunan,” Menara, pp. 23–36, 1907.

S. Chen, C. Hovde, K. A. Peterson, and A. Marshall, “Fire detection using smoke and gas sensors,” no. 505, 2007.

R. Muzawi and A. Fauzan, “Prototype Pengontrolan Titik Fokus Panel Surya Terhadap Energi Matahari Secara Otomatis,” 2018.

R. Hardianto and R. Muzawi, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemenang Tender Kontraktor Menggunakan Metode AHP ( Studi Kasus Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam ),” 2016.

R. S. Rizki, I. D. Sara, and M. Gapy, “Sistem Deteksi Kebakaran Pada Gedung Berbasis Programmable Logic Controller ( PLC ),” KITEKTRO, vol. 2, no. 3, pp. 99–104, 2017.

M. Glcms and K. Neighbor, “KLASIFIKASI JENIS KAYU DENGAN GRAY-LEVEL CO-OCCURRENCE,” Teknol. dan Inf. ASIA, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2013.

M.- Volume, M. P. Potadar, P. S. Salvi, R. B. Sathe, and P. S. Chavan, “& Management Technology LPG Leakage Detection and Automatic Gas Cylinder Booking System,” vol. 2, no. 3, pp. 103–107, 2015.

R. B. P, I. Setiawan, and B. Setiyono, “Pemodelan dan Pengujian Sensor TGS2600 Untuk Aplikasi Sistem Monitoring Kandungan Gas Karbon Monoksida ( CO ) di Udara.”

T. A. A. P. Raharjo, S. R. Akbar, and R. Primananda, “Sistem Monitoring Volume Dan Gas Sampah Menggunakan Metode Real Time Operating System ( RTOS ),” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 1–8, 2018.

A. Adriansyah and O. Hidyatama, “Elevator atau Lift,” Ranc. BANGUN PROTOTIPE Elev. MENGGUNAKAN MICROCONTROLLER ARDUINO ATMEGA 328P Andi, vol. 4, no. 3, pp. 120–132, 2013




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats