SISTEM MONITORING PERKEMBANGAN SISWA DI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE PEER COMPARISON BERBASIS WEBSITE

Dwi Gustantia, Samsudin Samsudin

Abstract


Dalam era kemajuan teknologi informasi, pengembangan sistem informasi menjadi esensial, terutama dalam mendukung efisiensi dan efektivitas di bidang pendidikan. Artikel ini memperkenalkan sebuah sistem monitoring perkembangan siswa di sekolah dasar menggunakan metode peer comparison berbasis website. Cara kerja dari peer comparison adalah mengidentifikasi kriteria perbandingan, mengidentifikasi subjek perbandingan dan hasil akhir  perbandingan. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah penggunaan raport dalam proses monitoring siswa, yang dapat mengakibatkan risiko kehilangan data dan ketidakakuratan dalam penilaian perkembangan siswa. Melalui tahap identifikasi masalah, pengumpulan data, perencanaan sistem, implementasi, dan pengujian, sistem ini dikembangkan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Langkah-langkah metode RAD termasuk requirement planning, RAD design workshop, dan implementasi.


References


REFERENSI

Mahmuda, S., Sucipto, A., & Setiawansyah, S. Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Tunjangan Karyawan Bulog (TKB) (Studi Kasus: Perum Bulog Divisi Regional Lampung). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi. (2021); 1(1):14–23.

Surja, S., Veronica., Muryono, T, T. Perancangan Aplikasi Monitoring Terhadap Kinerja Murid Sekolah Dasar Dan Menengah Pertama. INFOTECH: Journal Of Technology Information. (2023); 9(1).

Rosmiati, M. Aplikasi Monitoring Kehadiran Siswa Berbasis Web Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. (2021); 7(2).

Gunadi, G. (2023). Infotech: journal of technology information. (2023); 9(1): 67–76.

Nurelasari, E. Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Web. Komputika : Jurnal Sistem Komputer. (2020); 9(1) : 67–73.

Sandberg, J., Andersson, A. (2022). CEO Pay and the Argument from Peer Comparison. Journal of Business Ethics. (2020) 190

Octaviana, D. R., & Ramadhani, R. A. HAKIKAT MANUSIA : Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan, Filsafat dan Agama. Jurnal Tawadhu. (2021); 5 : 144

Janner, S., Dian, C. S., Deddi, W. P., Mufarizuddin, & Muhammmad, S. H. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transpormasi Digital (L. Tonni (ed.); 1st ed.). yayasan Kita Menulis.

Matondang, A. Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU. (2019); 8(2):188-194

Azlina, N., Maharani, A., & Baedowi, M. S. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology. (2021) ; 2(2) : 39–52.

Yanzi, H., Adha, M. M., Hidayat, O. T., & Putri, D. S. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan IPTEK Untuk Merespon Revolusi Industri 4.0.

Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/Mi. Hypothesis : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences.(2023); 01(2) : 97–110.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v9i1.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats