Analisa Marketplace Facebook terhadap Kepuasan Pengguna dengan menggunakan Metode E-Servqual

Farrelino Alfarizi, Medyantiwi Rahmawita

Abstract


Pada tahun 2016, fitur baru Marketplace diluncurkan di aplikasi Facebook. Sesuai namanya, ini adalah pasar online yang melayani berbagai transaksi jual beli penggunanya. Meskipun begitu, Marketplace Facebook masih belum menjadi pilihan utama oleh para pengguna yang ingin berbelanja online. Adapun latar belakang untuk penelitian ini yaitu ditemukannya beberapa permasalahan oleh pengguna Marketplace Facebook seperti ketika ingin mencari produk, beberapa produk tidak muncul. Lalu fitur yang ada di Marketplace Facebook dirasa masih kurang dibandingkan dengan E-Commerce lain, seperti tidak adanya fitur live, fitur keranjang, dan fitur tracking barang. Penelitian ini juga dirasa penting untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap layanan yang  ada di Marketplace Facebook, dan juga agar mengetahui variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan pengguna. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada sampel sebanyak 95 orang, dengan studi kasus dari penelitian ini yaitu Grup Lapak Online Perawang. Untuk pengolahan datanya dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SMART-PLS 4. Menurut hasil, didapat sebuah kesimpulan bahwa ada 5 variabel yang memiliki hubungan secara signifikan dan dianggap telah memenuhi harapan, yaitu Variabel Fulfillment, Contact, Privacy, Responsivness dan Efficiency. Sedangkan 2 Variabel lainnya yaitu Compensation, dan System Avaibility masih belum memenuhi harapan pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna masih cukup puas dan menawarkan 2 rekomendasi perbaikan.

References


A. Rahmadini and A. Muslihat, “Pengaruh Online Customer Review dan E-service Quality terhadap Minat Beli pada Marketplace Lazada di Media Sosial Facebook,†Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 4, no. 6, pp. 1739–1761, 2022, doi: 10.47467/alkharaj.v4i6.1073.

E. Saverin and A. Mccollum, “BAB I,†pp. 1–6.

A. C. Ningroem, A. Kusyanti, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self Disclosure Oleh Pengguna Facebook Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 5, pp. 2548–964, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

I. S. S. Situmorang and F. Nasari, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Spa Dengan Servqual (Studi Kasus: Pt. Royal Amadeus),†SENSITIf Semin. Nas. …, no. December 2018, pp. 521–528, 2019, [Online]. Available: https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/360.

A. Magdalena and F. Jaolis, “Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty Dalam Konteks E-Commerce Bukalapak,†J. Strateg. Pemasar., vol. 5, no. 2, pp. 1–11, 2018.

M. Asbari, J. T. Purba, and E. S. Hariandja, “Innovation :,†vol. 4, no. 1, pp. 143–154, 2021.

A. Purwanto, “The Role of the Use of Social Media and Family Environment on Entrepreneurial Interest of Private University Students,†J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 2, no. 6, pp. 33–43, 2021.

M. Windarti, “3736-15482-2-Pb,†vol. 11, no. 1, pp. 241–248, 2020.

Y. Can, F. Muttakin, A. Anofrizen, and N. Dalimunthe, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Slims Menggunakan End User Computing Satisfaction Method,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 8, no. 1, p. 63, 2023, doi: 10.35314/isi.v8i1.3158.

S. Ilmu, A. Negara, F. Ilmu, and U. N. Surabaya, “PENGARUH KEMAMPUAN PEMIMPIN KEPALA DESA TERHADAP PENERAPAN GOOD VILLAGE GOVERNANCE DI DESA JEBLOGAN , KECAMATAN PARON , KABUPATEN NGAWI Hafids Haryonno Muhammad Farid Ma ’ ruf Abstrak,†pp. 2391–2400.

A. N. N. Fadila, “Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Terhadap Deteksi Kecurangan: Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Palopo,†J. Akunt. STIE Muhammadiyah Palopo, vol. 5, no. 1, pp. 20–45, 2020, doi: 10.35906/ja001.v5i1.529.

Z. S. Syafhil and L. Kartika, “Analisis Kesuksesan Karir Alumni Program Mahasiswa Berprestasi Di Perguruan Tinggi,†Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 35, no. 1, pp. 9–24, 2021, doi: 10.21009/pip.351.2.

L. Ramadhani, M. Kurniawati, and S. P. Rahayu, “Pengaruh Kualitas Website Dan Dimensi Kepribadian Big Five Terhadap Pembelian Impuls Online Dengan Promosi Penjualan Sebagai Variabel Moderasi ‘Studi Pada Shopee,’†J. Manaj. Dan Bisnis Indones., vol. 6, no. 2, pp. 120–132, 2021, doi: 10.32528/jmbi.v6i2.3169.

S. Lestari and D. L. Rahayu, “Implementasi Model Delone Dan Mclean Terhadap Kesuksesan Penerapan Database Replikasi Pada Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai,†CKI Spot, vol. 12, pp. 3–5, 2019.

N. R. Furadantin, “Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018,†Acad. (Accelerating world’s Res., pp. 1–8, 2018.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v9i1.3932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats