Implementasi Metode Design thinking dalam Perancangan Ulang UI/UX Website Perguruan Tinggi

Istianah Muslim, Sugeng Purwantoro E.S.G.S, Amos Ivan Nugraha

Abstract


Kredibilitas sebuah perguruan tinggi ditunjukkan dengan adanya website yang dirancang secara profesional dengan konten informatif dan update. Website juga menjadi sarana komunikatif efektif untuk meningkatkan branding sebuah perguruan tinggi. Menyadari hal tersebut, Politeknik Caltex Riau melakukan perancangan ulang website yang sesuai dengan kebutuhan user, memenuhi aspek UI/UX dan seluruh informasi tersaji dengan baik dan update. Performa website PCR saat ini dinilai monoton dan kurang menarik dari sisi tampilan, beberapa halaman pada website tidak responsive sehingga tidak mobile friendly, terlalu banyak penggunaan button pada halaman home, dan perlu pembaharuan keragaman informasi sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan institusi secara keseluruhan. Mengatasi permasalahan tersebut, redesain UI/UX website PCR dilakukan dalam bentuk rancangan prototype untuk menjadi landasan dalam dalam perancangan front end dan back-end Website Politeknik Caltex Riau V.2. Metode yang digunakan adalah serangkaian tahapan di dalam design thinking. Dengan implementasi metode design thinking dalam 2 kali iterasi, permasalahan yang terdapat dalam website PCR saat ini dapat teratasi karena melibatkan user pada seluruh tahapan dan seluruh kebutuhan user dapat terpenuhi. Hasil dari rancangan UI/UX website ini memperoleh nilai SEQ sebesar 7 yang menunjukkan kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan website dan rata-rata skor SUS 93 dalam kategori "Excellent,".


References


T. Patrianti, “Mengelola Citra dan Membangun Reputasi: Studi atas Peran Public Relations di Universitas Muhammadiyah Jakarta,†Kajian Ilmu Sosial, vol. 1, no. 1, pp. 44-55, 2020.

Suliman, “Analisis Performa Website Universitas Teuku Umar Dan Universitas Samudera Menggunakan Pingdom Tools Dan Gtmetrix,†Simkom, vol. 5, no. 1, pp. 24-32, Januari, 2020.

I. Online, “Pentingnya Website untuk Departemen dan Fakultas di ITS,†Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 28 Desember 2019. [Online]. Available: https://www.its.ac.id/news/2019/12/28/pentingnya-website-untuk-departemen-dan-fakultas-di-its/. [Accessed 12 Juni 2023].

A. M. Putri, “Pentingnya Website dalam Perguruan Tinggi,†7 Februari 2020. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/afputri/5e3d253f097f364c23692e03/pentingnya-website-dalam-perguruan-tinggi. [Accessed 23 Juli 2023].

I. Effendi and D. S. Kusumo, “Perancangan Struktur Menu Website Universitas di Indonesia Menggunakan Metode Association Rules,†in e-Proceeding of Engineering, Bandung, 2019.

T. M. R. Tambunan, H. M. Az Zahra and N. H. Wardani, “Perbaikan Usability dan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menggunakan Metode Human Centered Design (HCD),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 10, p. 9467–9475, 2019.

K. Angelina, E. Sutomo and V. Nurcahyawati, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design thinking,†Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 9, no. 1, pp. 70 -78, 2022.

M. Faizal and A. R. Adriyanto, “Perancangan Ulang Antar Muka Website Sebagai Media Informasi Perguruan Tinggi Universitas Telkom,†Serat Rupa Journal of Design, vol. 5, no. 1, pp. 54-66, 2021.

I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,†Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45-55, 2020.

M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,†Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 1-11, 2019.

M. Yusuf and Y. Astuti, “Analisis dan Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Pijar Career Center Menggunakan System Usability Scale (SUS),†Komputika: Jurnal Sistem Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 131-138, 2020.

F. I. Romadhanti and I. Aknuranda, “Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Musyawarah Masjid menggunakan Goal-Directed Design (GDD) (Studi Kasus : Masjid Ibnu Sina Jl.Veteran Malang),†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 10, pp. 3313-3321 , 2020.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v8i2.3731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats