Sistem Pencarian Semantik Impresi dengan Mekanisme Pembobotan Kombinasi Fitur Warna dan Fitur Bentuk

Desi Amirullah(1*)

(1) Politeknik Negeri Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada saat ini, informasi mengenai makna pada setiap warna dan bentuk motif dalam tenun Songket Melayu Riau sangat terbatas sehingga menyebabkan pengrajin songket kurang mengetahui informasi dan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam setiap motif songket. Pengrajin songket diharuskan mengerti pada makna yang terkandung dalam setiap warna dan bentuk motif songket, agar tidak menimbulkan kesalahan dalam mengkombinasikan motif pada kain songket yang dibuat. Pada penelitian ini kami mengusulkan paradigma baru dalam sistem pencarian Impresi motif Songket secara semantik, yaitu menggunakan Kueri gambar yang mengkombinasikan fitur warna dan fitur bentuk dengan menggunakan mekanisme pembobotan fitur warna dan bentuk, hasil pencarian ini menampilkan hasil berupa impresi. Kami menggunakan gambar motif Songket Melayu Riau sebanyak 142 buah, yang mana pada setiap motif songket mengandung impresi yang sudah di ekstraksi sehingga mudah dimengerti oleh masyarakat umum. Gambar Dataset dan kueri di ekstraksi dengan menggunakan metode 3D-Color Vector Quantization (3D-CVQ) untuk ekstraksi fitur warna dan metode Hu Moments Invariant untuk ekstraksi fitur bentuk. Pada eksperimen dengan 3 model pembobotan yang kami lakukan, dapat disimpulkan skor tertinggi sistem pencarian impresi dengan kueri gambar bernilai 7.8 dari total nilai 10 dengan model pembobotan fitur warna 0.75 dan fitur bentuk 0.25

Article metrics

Abstract views : 446 | views : 67

Full Text:

PDF

References


Amirullah, Desi, Ali Ridho Barakbah, Achmad Basuki, Semantic Songket Image Search with Impression based Feature Extraction, The Fourth Indonesian-Japanese Conference, Knowledge Creation Intelegence Computing, , Surabaya, Indonesia, March 24-26, 2015.

Amirullah, Desi, Ali Ridho Barakbah, Achmad Basuki, Semantic Songket Image Search with Cultural Computing of Symbolic Meaning Extraction and Analytical Aggregation of Color and Shape Features, EMITTER International Journal of Engineering Technology, Vol. 3, No. 1, Surabaya, Indonesia, June 2015.

Barakbah, Ali Ridho, Yasushi Kiyoki, 3D-Color Vector Quantization for Image Retrieval Systems, International Database Forum (iDB) 2008, Izaka, Japan, September 21-23, 2008.

Barakbah, Ali Ridho, Yasushi Kiyoki, Image Search System with Automatic Weighting Mechanism for selecting Feature, The 6th International Conference on Information and Communication Technology and Systems, Suabaya, Indonesia, September 28, 2010.

Nugrowati, Ayuninda Dwi., Ali Ridho Barakbah, Nana Ramadijanti, Yuliana Setyowati. Batik Image Search System with Extracted Combination of Color and Shape Feature, International Conference on imaging and printing technologies, Bangkok, Thailand, November 5-7, 2014.

Flusser, Jan. , Tomas Suk, Barbara Zitova. Moment and Moment Invarian in Pattern Recognition, 2009, Prague, Czech Republic.

Malik, Abdul., Tenas Effendy, Hasan Yunus, Auzar Thaher, Corak Ragi dan Tenun Melayu Riau, Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, 2004, AdiCita, Yogyakarta.

Davies, J., Fensel D., Van Hermelen, F., 2003, Toward the semantic Web-Ontology-Driven Knowledge Management, John Wiles and Sons, Ltd, Chichester.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i1.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats