Rancang Bangun E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Petani Ikan Menggunakan Algoritma RSA (Studi Kasus : Desa Koto Tibun)

Lucky Lhaura Van FC(1*)

(1) universitas lancang kuning
(*) Corresponding Author

Abstract


Berbagai masalah yang dialami oleh petani pada saat menjual ikan dan memasarkan ikan seperti, ikan di jual kepada pengepul dengan harga yang di tetapkan pengepul, ikan yang sudah melewati pengepu ldijual dengan harga yang jauh lebih mahal dari pada harga yang sudah di tetapkan kepada petani ikan. Untuk menghindari penjualan ke pengepul dan sebagai media pemasaran air tawar maka di butuhkannya suatu aplikasi e-commerceyang dapat mempermudah dalam bertransaksi khususnya melalui media perangkat bergerak seperti smartphone.Penelitianini bertujuan untuk menyediakan layanan yang dapat membantu petani ikan menjual dan memasarkan ikan. Pemodelan yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah pemodelan waterfall dan menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai alat bantu pemodelan sistem. Aplikasi ini menggunakan algoritma RSA (Rivest Shamir Adleman) sebagai sekuriti untuk mengenkripsi data pelanggan seperti password pelanggan, alamat pelanggan dan nomor handphone pelanggan


Article metrics

Abstract views : 1269 | views : 265

Full Text:

PDF

References


Seema Verma dan Deepak garg. 2014, An Improved RSA Variant.

Melinda Novia, rostianingsih dan setiabudi.2015. Perancangan dan Pembuatan E-commerce pada UD. Jackpot Pancing

Nugroho, Atmoko, April Firman Daru, Whisnumurti Adhiwibowo. 2014. Pengembangan Pemasaran Online Usaha Kerajinan Enceng Gondok Dan Pandan Di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jurnal Transformatika, Volume 12, No. 1.

J. Nwoye Chinedu.Design and Development of an E-Commerce Security Using RSA Cryptosystem.2015

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem.Yogyakarta : Andi

Kosasi, Sandy. 2015. Perancangan Sistem E-Commerce untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak.Snastia, ISSN 1979-3960

Van FC, Lucky Lhaura, and Lisnawita Lisnawita. "Pengaruh persepsi resiko dan kualitas e-commerce terhadap keputusan konsumen membeli fashion online." Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 8.2 (2017): 185-195.

Sadikin, Rifki. 2012. Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java. Yogyakarta : Andi

Safaat, Nazruddin H. 2012. ANDROID Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika

Sholih, Fachrul Barry. 2014. Aplikasi Penjualan Batik Berbasis Android (Studi Kasus di Batik Puspa Kencana, Laweyan, Solo). Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Udin, Muhammad Amir. 2014. Perancangan dan Implementasi E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan Produk Herbal Pada Toko La Roiba. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro.

Wijaya, Hendi, Wellia Shinta Sari. 2015. Rancang Bangun Mobile Commerce Berbasis Android Pada Toko Duta Buku Semarang.Techno.COM, Vol. 14, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i2.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats