Penerimaan Teknologi Zoom Cloud Meeting terhadap Minat Belajar Siswa Dari Rumah Dengan TAM

Ade Fitria Lestari(1*), Hilda Amalia(2), Ari Puspita(3)

(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
(3) UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemik covid-19 mengakibatkan di sektor pendidikan menjadi terhambat sehingga pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan guna mencegah penyebaran virus. Oleh karena hal tersebut pembelajaran bagi peserta didik dilakukan dari rumah dan institusi pendidikan menyelenggarakan kegiatan pembelajarannya secara virtual dengan berbagai macam media pembelajaran online. Zoom Cloud Meeting merupakan salah satu media pembelajaran online dengan video conference yang paling banyak digunakan termasuk di SDIT Al Hikmah Cipayung Depok untuk KBM online. Pihak sekolah ingin mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh teknologi zoom terhadap minat siswa belajar dari rumah (BDR) dari persepsi kemudahan dan kemanfaatan. Solusinya melakukan penelitian dengan model TAM, pengujian instrumen, pengolahan data memakai aplikasi SPSS versi 25 dengan jumlah sampel 61. Hasil yang diperoleh terdapat hubungan linier antara variabel kemudahan dan kemanfaatan dengan minat perilaku siswa dalam menggunakan teknologi yaitu nilai sig. deviation linearity sebesar 0,102. Kemudahan penggunaan dan manfaat terhadap minat belajar siswa ini berpengaruh positif dimana t hitung sebesar 6,016 lebih besar dari  t tabel sebesar  2,001. Adanya hubungan atau korelasi kuat antara variabel kemudahan dan manfaat penggunaan terhadap minat perilaku siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,617 dengan demikian penerimaan teknologi zoom memiliki pengaruh positif pada persepsi kemudahan dan kemanfaatan terhadap minat belajar siswa dari rumah.

Article metrics

Abstract views : 595 | views : 164

Full Text:

PDF (Bahasa Indonesia)

References


J. Monica and D. Fitriawati, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19,” J. Communio J. Jur. Ilmu Komun., vol. 9, no. 2, pp. 1630–1640, 2020, doi: 10.35508/jikom.v9i2.2416.

I. Gunawan, “Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di Sd Negeri 77 Palembang,” Inov. Sekol. Dasar, vol. 7, pp. 152–163, 2020.

K. Wishnujati, S. Hastjarjo, U. Sebelas, M. Surakarta, and C. Apps, “Model Penerimaan Teknologi Pada Aplikasi Zoom Cloud Meeting,” Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2021.

A. Setiani, “Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19,” 2020, [Online]. Available: http://www.academia.edu/download/64015904/M Darul Aksan F.pdf.

R. N. Rahmawati and I. M. Narsa, “Actual Usage Penggunaan E-Learning Dengan Technology Acceptance Model (TAM),” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 127–136, 2019, doi: 10.21831/jitp.v6i2.26232.

H. Ramadhani and S. Monalisa, “Analisis Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Raport Menggunakan Metode TAM,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 65–69, Aug. 2017, Accessed: Apr. 07, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/4303.

H. Taherdoost, “A review of technology acceptance and adoption models and theories,” Procedia Manuf., vol. 22, pp. 960–967, 2018, doi: 10.1016/j.promfg.2018.03.137.

M. Al-Emran, V. Mezhuyev, and A. Kamaludin, “Technology Acceptance Model in M-learning context: A systematic review,” Comput. Educ., vol. 125, pp. 389–412, 2018, doi: 10.1016/j.compedu.2018.06.008.

M. Yeou, “An Investigation of Students’ Acceptance of Moodle in a Blended Learning Setting Using Technology Acceptance Model,” J. Educ. Technol. Syst., vol. 44, no. 3, pp. 300–318, 2016, doi: 10.1177/0047239515618464.

A. Faisal, F. Handayanna, and I. Purnamasari, “Implementation Technology Acceptance Model (Tam) on Acceptance of the Zoom Application in Online Learning,” J. Ris. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 85–92, 2021, doi: 10.34288/jri.v3i2.195.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

R. Oktofiyani, W. Anggraeni, P. Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta Jl Damai No, W. Jati Barat Margasatwa, and J. Selatan, “Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)Study Kasus Siswa/I Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 46, no. 1, pp. 46–53, Mar. 2016, Accessed: Apr. 07, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/258.

V. Herlina, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

J. W. Creswell, Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran, 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

W. Supriyanto and R. Iswandari, “Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 13, no. 1, p. 79, 2017, doi: 10.22146/bip.26074.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v6i1.1857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Find in a library with WorldCat Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats