Komparasi Analisis Penentuan Lokasi Pemasangan Media Promosi Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan KNN Pada PT. Reka Media Askara

Bibit - Sudarsono, Umi - Faddillah, Triya - Anesti, Ipin - Sugiyarto

Abstract


Dengan adanya Covid-19 yang melanda Indonesia membuat beberapa kota melakukan Pembatasan Skala Besar-Besaran (PSBB) baik Total hingga Transisi. Salah satu efek adanya PSBB berkurangnya aktifitas di berbagai tempat. PT Reka Media Aksara sebagai perusahaan indoor dan outdoor advertising berupaya memberikan pelayanan terbaiknya dengan memberikan rekomendasi lokasi-lokasi terbaik bagi para konsumennya yang ingin memasang media iklan. Oleh sebab itu maka dilakukan penelitian dengan menggunakan data pelanggan yang melakukan pemesanan dan pemasangan media iklan selama pandemi baik yang puas dengan pemasangan tersebut maupun tidak dengan menggunakan algoritma KNN dan Naïve Bayes. Dan berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan Algoritma KNN dengan K-2 mampu memberikan rekomendasi terbaik lokasi pemasangan media iklan pada PT. Reka Media Askara dengan nilai akurasi sebesar 72,67 %, precision 50% dan recall sebesar 10%.

References


Fitriati, D. (2016). Implementasi Data Mining untuk Menentukan Kombinasi Media Promosi Barang Berdasarkan Perilaku Pembelian Pelanggan Menggunakan Algoritma Apriori. Prosiding ANNUAL RESEARCH SEMINAR 2016, 2(1), 472–480. https://doi.org/979-587-626-0

Priangga, B., & Winiarti, S. (2015). Teknologi Informasi Dalam Penentuan Lokasi Pemasangan Iklan Dengan Memanfaatkan Metode Kriteria Bayes. Techsi Vol. 6 No. 1, April 2015, 6(1), 45–68.

Lubis, I. (2020). Pemasangan Iklan Billboard Di Kota Medan MENGGUNAKAN METODE SMART. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), Vol 4 No 1, Januari 2020, E - ISSN : 2685-5232, 4(1), 62–71.

Asistyasari, A., & Nuryaman, Y. (2019). Komparasi Analisis Penerimaan Karyawan Menggunakan. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (SIMPONI), November, 519–525. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.519

Aprilla Dennis. (2013). Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Innovation and Knowledge Management in Business Globalization: Theory & Practice, Vols 1 and 2, 5(4), 1–5. http://esjournals.org/journaloftechnology/archive/vol1no6/vol1no6_6.pdf%5Cnhttp://www.airccse.org/journal/nsa/5413nsa02.pdf

Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

HRD. (2020). Data Pemasangan Bulan Februari 2020 – September 2020. PT. Reka Media Aksara Jakarta.

Detik.com. (2020) , “Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI?. Diakses tanggal 6 November 2020, dari https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri

Rifqo, M. H., & Wijaya, A. (2017). Implementasi Algoritma Naive Bayes Dalam Penentuan Pemberian Kredit. Pseudocode, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.2.120-128

.

. Luh Gede Pivin Suwirmayanti. (2017). Penerapan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Sistem Rekomendasi Pemilihan Mobil Implementation of K-Nearest Neighbor Method for Car Selection Recommendation System. Techno.COM, 16(2), 120–131.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v5i2.1644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats