RANCANG BANGUN SISTEM E-COMMERCE PADA GRUP FACEBOOK PEKANBARU JUAL BELI ONLINE (PJBO) MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Muhammad Akbar Agung Triputra(1), Yuli Fitrisia(2*)

(1) Politeknik Caltex Riau
(2) Politeknik Caltex Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Pekanbaru Jual Beli Online (PJBO) merupakan grup atau forum jualbeli facebook yang dibangun untuk mengumpulkan penjual-pembeli dari kota Pekanbaru dan semakin lama akhirnya PJBO menjadi perantara untuk melakukan jual-beli dengan sistem Cash On Delivery (COD) antara 2 orang atau lebih. Grup PJBO bernaung di facebook jadi harus mengikuti aturan yang ada pada facebook. Ini menyebabkan adanya keterbatasan pembuatan aturan pada grup PJBO dan banyaknya fitur facebook yang tidak dibutuhkan dalam melakukan jual-beli. Oleh karena itu dibutuhkanya website e-commerce yang dapat menjadi tempat transaksi dengan fitur yang dibutuhkan dan tampilan yang menarik. Dilakukanya pra riset kepada calon user dan admin dengan cara menggunakan metode User Centered Design (UCD) dengan cara memberikan pra riset Persona. Dengan pengujian User Experience Questionnaire diperoleh nilai aspek attractiveness adalah 1,517, perspicuity 1,675, efficiency 1,838, dependability 1,625, stimulation 1,400, dan novelty 1,225. Dan semua fungsionalitas sistem telah terpenuhi dengan dilakukanya pengujian User Acceptance Test dan Blackbox Testing. Serta hasil dari 5 Second Testing yang didapatkan 88% calon user mendapatkan first impression yang baik pada saat menggunakan website e-commerce PJBO dalam waktu 5 detik.

Article metrics

Abstract views : 559 | views : 129

Full Text:

PDF

References


Satria, N. P. (2018). User Experience Untuk Rancang Design Aplikasi Family Tracking. Jurnal Komputer Terapan.

Prastyo, D. (2015). Rancang Bangun E-Commerce Toko Pernik Digital. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Falaq, M. (2014). Rancang Bangun Sistem E-Commerce Cake And Bakery Pada CV.Al-Rusdak. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hidayat, M. N. (2017). Rancang Bangun E-Commerce dengan Metode User Centered Design (UCD) pada DeBiuryn Skincare. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Laela, Adriami, Dudi. (2018). User Centered Design (UCD) Untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Simpan Pinjam Pada Koperasi. Jakarta: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer.

Yatana, I. S. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web . teknosi, 269-278

Wulandari, A. H. (2016). Rancang Bangun Website Cafe Tong Susu Menggunakan PHP MVC Framework dengn Metode User Centered Design. Aksar Komputer Terapan.

Gunawan, B. D. (2019). E-Tabloid Berbasis Android Dengan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Tabloid Star Politeknik Caltex Riau). Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Mcleod, P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba.

Shelly, T. C. (2007). Discovering Computers. Jakarta: Salemba.

Simatupang, R. M. (2014). Penerapan Metode Ucd Untuk Perancangan Aplikasi Radio Streaming Berbasis Web. Informasi Dan Teknologi Ilmiah (Inti) Iii.

Amborowati. (2011). Rancangan Sistem Pameran Online Menggunakan Metode Ucd (User Centered Design). Yogyakarta: Stmik Amikom Yogyakarta.

Idoughi, D., Seffah, A., & Kolski, C. (2012). Adding User Experience Into The Interactive Service Design Loop: A Persona-Based Approach.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v5i2.1542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats