Analisa dan Perancangan Aplikasi Pengajuan Cuti Pada PT. Mun Hean Indonesia

Ali Khumaidi(1*), Andrian Muljadi(2)

(1) Universitas Krisnadwipayana
(2) Universitas Krisnadwipayana
(*) Corresponding Author

Abstract


Cuti merupakan salah satu kewajiban perusahaan yang diberikan kepada karyawan. Hal mengenai perizinan dan cuti tersebut juga telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Proses pengajuan cuti pada PT. Mun Hean Indonesia saat ini masih dilakukan secara manual, pengecekan sisa cuti, pengajuan cuti dan persetujuan cuti dilakukan secara berjenjang dan masih mengandalkan arsip cuti berupa kertas. Proses pengelolaan cuti tersebut memiliki beberapa kelemahan. Pegawai tidak bisa mengetahui sisa hak cuti pribadi dan kelemahan yang lain adalah proses pengajuan cuti kurang efektif dan efisien. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada sistem yang berjalan saat ini serta mempermudah dan mempercepat proses pengajuan cuti karyawan. Pada perancangan aplikasi cuti ini penulis menggunakan alat pemodelan berupa flow map, metode pendekatan sistem menggunakan metode berorientasi objek yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Deployment Diagram, rancangan sistem basis data dan rancangan antarmuka pengguna.

Article metrics

Abstract views : 1638 | views : 273

Full Text:

PDF

References


Setyabudhi, A. L. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Absensi dan Pengambilan Surat Cuti Kerja Berbasis Web. JURNAL RESPONSIVE Teknik Informatika. 2017; Vol 1(1), 11–22

Wedianto, A., Sari, H. L., & H, Y. S. Analisa Perbandingan Metode Filter Gaussian, Mean Dan Median Terhadap Reduksi Noise. Jurnal Media Infotama. 2016; Vol 12(1), 21–30

Cahyaningtyas, R., & Iriyani. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. 2015; 4(2), 15–20.

Juansyah Andi. Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platfrom Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA). 2015; Vol 1(1), 1–8.

Setiyanto, A., Samopa, F., & Alwi. Pembuatan Sistem Informasi Cuti pada Kantor. Teknik Pomits. 2013; Vol 2(2), 381–384

Nurhadi, A., & Sastra. Pengembangan Aplikasi Web Pengajuan Cuti Pegawai Secara Online Studi Kasus: PT. Yapindo Transportama (PCP Express). Bianglala Informatika. 2017; Vol 5(2)

Putro, B. E. Analisis Perancangan Sistem Informasi Pergudangan di CV . Karya Nugraha. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri. 2018; vol 2(1), 20–29.

Mahdiana, D. Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga Indonesia. Jurnal TELEMATIKA. 2011; vol 3(2), 36–43

Siregar, R. K. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Kesadaran Merek (Studi Kasus Private Label pada Fast Moving Consumer Goods Giant Ekstra Central Business District, Bintaro, Tangerang Selatan). Jurnal Communication. 2015; Vol 6(1)

Nur, E. H., & Yvonne, W. Pengantar Informasi Teknologi. Ed. Revisi. Jakarta: Baduose Media. 2016

Hanif, A. F. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI. 2007

Nielsen, J. Usability 101: Introduction to Usability. 2012. Tersedia di: http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability.




DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v5i1.1191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This Journal has been listed and indexed in :

Crossref logo Find in a library with WorldCat

Copyright of Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika (ISSN: 2527-9866)

Creative Commons License
ISI: Inovtek Polbeng Seri Informatikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office :
Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
 Politeknik Negeri Bengkalis 
Jl. Bathin alam, Sungai Alam Bengkalis-Riau 28711 
E-mail: jurnalinformatika@polbeng.ac.id
www.polbeng.ac.id

Web
Analytics
View My Stats