Kontrol Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Multilevel Inverter dengan metode V/f Konstan Berbasis Fuzzy Logic Control

Faisa Musahiroh(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari dibautnya paper ini adalah untuk melakukan pengaturan motor induksi dengan menggunakan multilevel inverter. Untuk mendapatkan gelombang sinus tegangan keluaran yang baik. Pengaturan kecepatan motor induksi dapat dilakukan dengan open-loop menggunakan metode V/f. metode ini dapat diimplementasikan dengan mengubah tegangan sumber dan frekuensi yang kemudian diaplikasikan pada motor induksi 3 fasa dengan rasio konstan. Sistem ini diharapkan menjadi pengganti yang efektif dari metode konvesional yang menhasilkan switching loses yang lumayan besar, yang mengakibatkan kurangnya performa motor. Simulasi ini diharapkan menghasilkan rangkian kontrol motor induksi yang efektif, menaikkan perforam motor. Dan juga digunkaan fuzzy logic control yang digunakan memaksimalkan kinerja motor dan mempermudah dalam pengaturan kecepatan motor induksi.


Keywords


Motor induksi, Multilevel Inverter. Metode V/f, Fuzzy Logic Control.

Article metrics

Abstract views : 56 | views : 5

Full Text:

PDF

References


R.I. Putri, “Penerapan adaptif fuzzy pada pengaturan kecepatan motor induksi tiga fasa”, Jurnal Teknik GELAGAR Vol. 18 No. 1, Apr 2007.

R. Sumanjaya, E. Susanto, dan P. D. Wibawa, “Perancangan simulasi sistem kontrol kecepatan motor induksi 3 fasa dengan metode control scalar”, Jurnal EPROC, 2015.

D.W. Hart, Power Electronics, Mc. Graw Hill, New York, 2011.

M. Alizadeh, M. Masoumi, dan E. Ebrahim, “Closed loop speed control of induction motor using constan V/F applying SPWM and SVM based inverter”, International Journal of Engineering and Advanced technology (IJEAT) Vol. 6 No. 5, Jun 2017.

P. Sutawinaya, “Pengembangan model fuzzy mamdani untuk pengaturan kecepatan motor induksi tiga fasa berbasis metode control filed oriented”, Jurnal LOGIC Vol. 13 No. 2, Jul 2013.

Y. Chen, B. Yang, A. Abraham, dan L. Peng, “Automatic and design of hierarchical takagi-sugeno type fuzzy systems using evolutionary algorithms”, IEEE Transaction on Fuzzy Systems Vol. 15 No. 3, Jun 2007.

Husnawan, “Pengaturan kecepatan motor induksi menggunakan logika fuzzy”, Tugas akhir, Departemen Teknik Elektro, Universitas Indonesia, Jan. 2008.

Sukamto, “Pengendalian kecepatan motor induksi menggunakan controller logika fuzzy”, Jurnal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE) Vol. 4 No. 1, Mei 2019.

Dwi Sasmita Aji.P, M. Sarwoko, dan E. Kurniawan, “Kontrol kecepatan motor induksi tiga fasa menggunakan tegangan dan frekuensi dengan modulasi vector ruang”, Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik Dan Elektronika (TEKTRIKA) Vol. 1 No. 1, Jan 2016.

Indra Ferdiansyah, Era Purwanto, dan Novie Ayub Windarko, "Fuzzy Gain Scheduling of PID (FGS-PID) for Speed Control Three Phase Induction Motor Based on Indirect Field Oriented Control (IFOC)", EMITTER International Journal of Engineering Technology Volume 4, No. 2, December 2016.




DOI: https://doi.org/10.35314/ise.v4i1.2578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVTEK - Seri Elektro

View My Stats